Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Game Center Mencoba Bungkam XBox Live

Kompas.com - 09/04/2010, 11:51 WIB

CUPERTINO, KOMPAS.com - Tak hanya menyaingi Google, Apple pun mencoba membungkam Microsoft di bisnis mobile. Kalau Google bakal digempur lewat iAd, platform iklan yang masuk ke dalam aplikasi iPhone dan iPod Touch, Microsoft diserang lewat layanan game.

Salah satu fitur baru yang akan disediakan Apple dalam iPhone adalah Game Center. Layanan ini memungkinkan pengembang membuat aplikasi berjejaring sosial, misalnya multiplayer game. Preview GameKit API (application programming interface) yang menyediakan fitur Game Center tersebut tersedia dalam software iPhone OS 4 dan SDK (software development kit).

"Pengguna aplikasi bisa mengundang teman-temannya untuk bermian game bersama, melakukan multiplayer game, bertanding, mengecek hasilnya, dan membandingkan skor tertinggi," demikian penjelasan dalam situs Apple mengenai Game Center.

API untuk mengembangkan aplikasi yang terhubung dengan Game Center sudah tersedia untuk dipakai. Namun, fungsinya baru akan jalan di perangkat iPhone dan iPod Touch mulai akhir tahun nanti.

Game Center bisa jadi jawaban Apple atas XBox Live, layanan kolaborasi game yang dibanggakan Microsoft di perangkat berbasis Windows Phone 7. XBox Live merupakan salah satu elemen utama kekuatan Windows Phone 7 yang mulai tersedia mulai akhir tahun ini. Game Center dan XBox Live kelihatannya bakal bertarung akhir tahun nanti. Siapa yang menang? Tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com