Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Apple Itu Pun Jadi Teladan Amerika

Kompas.com - 24/12/2010, 13:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Tahun ini kelihatannya menjadi titik balik kesuksesan Steve Jobs. Tak hanya menjadi tokoh tahun 2010 versi Financial Times, salah satu pendiri dan CEO Apple itu pun mendapat kehormatan karena menjadi teladan bagi orang Amerika.

Setidaknya seperti dikatakan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat berbicara soal kesejahteraan rakyatnya. Menurutnya, Steve Jobs bisa menjadi contoh "mimpi Amerika" selama ini dan salah satu orang yang kekayaannya pantas dirayakan semua orang.

"Kita patut merayakan seseorang seperti Steve Jobs, orang yang telah menciptakan dua atau tiga produk revolusioner yang berbeda. Kita berharap orang tersebut kaya, dan itu bagus. Kita butuh dorongan semacam itu," kata Obama dalam jumpa pers, Kamis (23/12/2010).

Posisi Steve Jobs dalam daftar orang terkaya di Amerika versi Forbes baru-baru ini naik satu tingkat menjadi posisi ke-42. Jumlah kekayaannya ditaksir naik dari 5,1 miliar dollar AS pada tahun lalu menjadi 6,1 miliar dollar AS. Salah satu sumber kekayaan Jobs adalah saham di Walt Disney yang ia terima sejak perusahaan animasi yang didirikan Pixar itu dibeli pada tahun 2006 oleh perusahaan hiburan tersebut. Selain itu, ia memperoleh hasil dari saham Apple yang menembus harga 300 dollar AS per lembar dan menjadi perusahaan teknologi dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com