Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang WordPress 3,2

Kompas.com - 11/07/2011, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Pengguna WordPress mendapatkan kejutan yang luar biasa pada Hari Kemerdekaan Amerika 4 Juli dengan dirilisnya WordPress 3,2 "Gershwin".

WordPress 3,2 adalah rilis utama ke-15 dalam delapan tahun sejarah proyek ini. Fokus dari rilis ini adalah membuat segala sesuatu menjadi lebih cepat, lebih ringan, dan lebih ramping. Dibutuhkan banyak waktu dengan WordPress 3,2, baik versi beta maupun versi finalnya.

Apa yang baru dari versi ini?

(1) Persyaratan Minimum Baru
Salah satu perubahan teknis yang besar di WordPress 3,2 adalah membuang pendukung versi lama PHP dan MySQL. Ini berarti PHP 4 dan My SQL 4 tidak lagi didukung.

Pindah ke PHP 5 dan MySQL 5 berarti versi mendatang WordPress dapat lebih ringan, memiliki keuntungan lebih banyak fitur, dan memiliki performa yang lebih optimal.

Persyaratan dasar yang baru adalah PHP 5.2.4 dan My SQL 5.0.

Anda dapat mengetahui apakah server web Anda memenuhi persyaratan minimum dengan menginstall plug-in Health Check dari direktori WordPress. Ini hanya memberitahu Anda versi PHP dan MySQL yang Anda jalankan dan memungkinkan Anda mengetahui apakah sedah sesuai untuk WordPress 3,2.

(2) Selamat Tinggal IE 6

WordPress.org mengikuti jejak WordPress.com meninggalkan dukungan pada IE6. Mendukung IE6 menjadi perjuangan panjang tim UI - banyak fitur dan tambahan baru tidak dapat dimainkan dengan browser yang usang.

Bagi pengguna korporat, yang masih memaksa menggunakan IE 6 di tempat kerja, pindahlah dari IE 6 dan masuklah ke browser yang lebih modern seperti Google Chrome, Firefox, Opera, Safari, atau IE 9.

(3) Tema Default Baru
Ketika WordPress 3,0 dirilis tahun lalu, ini dikemas dengan tema default baru, Twenty Ten. Pada saat itu, tim WordPress Theme mengatakan tujuan mereka untuk memperkenalkan tema default baru setiap tahun.

Twenty Eleven adalah penerus spritual tema Duster bagi pengguna WordPress.com dan WordPress.org. Duster dikembangkan oleh geng Automatic (orang-orang di belakang WordPress.com) dan ini menjadi tema visual dan teknis yang mengesankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com