Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Lebih Pintar Berjejaring daripada Pria?

Kompas.com - 22/08/2011, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Kalau menonton televisi, kita pasti lebih sering melihat adegan para pria berjabat tangan setelah menyelesaikan deal yang spektakuler dengan mitra bisnisnya. Bila bicara soal negosiasi dan networking, apakah memang pria jagoannya? Hasil survei memperlihatkan, pada dasarnya wanita memiliki kelebihan dalam menjalin hubungan dengan orang lain, karena kecerewetannya. Namun, faktanya prialah yang menggunakan akses networking mereka dengan lebih efektif.

Mengapa bisa begitu? Menurut Kathy Harvey, seorang penulis di bidang pengembangan karier, dalam menjalin networking, wanita memang bisa berhubungan dengan orang-orang dari berbagai lapisan. Mulai dari yang kedudukannya lebih rendah, setara, hingga yang lebih tinggi daripada mereka. Sementara, pria lebih berfokus untuk menjalin networking dengan orang-orang yang punya kekuasaan dan pengaruh terhadap kariernya. Ini membuat wanita memiliki jaringan yang lebih luas dan beragam, sedangkan pria lebih sempit. Menurut pakar, apabila kaum Hawa dapat memanfaatkan kelebihannya ini, sebenarnya mereka akan lebih banyak meraih sukses ketimbang pria.

Kenyataan bahwa saat ini sudah banyak networking khusus yang terdiri atas para wanita saja juga dapat menjadikan kaum Hawa sebagai jagoan networking. Dengan semangat untuk saling mendukung di antara wanita, hubungan mentor-murid akan lebih banyak terbentuk dan kontak yang bisa Anda kumpulkan juga menjadi semakin besar. Jadi, jangan ragukan kemampuan networking yang Anda miliki dan cobalah menggunakannya dengan efektif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com