Eric Schmidt: Steve Jobs CEO Terbaik dalam 25 Tahun

Kompas.com - 26/08/2011, 04:19 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Pujian kepada Steve Jobs yang baru saja mengumumkan pengunduran diri sebagai CEO Apple tidak hanya datang dari para fans. Chairman Google, Eric Schmidt, yang lebih dulu mundur dari jabatan CEO di Google juga memuji kepiawaian Steve Jobs.

"Steve Jobs adalah CEO paling sukses di Amerika Serikat dalam 25 tahun terakhir," ujar Eric Schmidt dalam pernyataannya, Rabu (24/8/2011), menyusul pengumuman soal pengunduran diri Steve Jobs. "Ia pribadi unik yang merupakan kombinasi antara sentuhan seni dan visi insinyur untuk membangun perusahaan yang luar biasa. Salah satu orang terbaik dalam sejarah kepemimpinan Amerika," tambahnya.

Schmidt tak mengelaborasi lebih lanjut mengapa menyebut Steve Jobs terbaik dalam seperempat abad terakhir. Namun, pengakuan ini terdengar tulus karena Schmidt termasuk salah satu orang yang kritis mengomentari Apple, khususnya saat duduk menjadi CEO Google. Schmidt sebelumnya menyebut startegi Apple tidak akan sebaik Google karena menjalankan platform tertutup bukan open source. Persaingan langsung Apple dan Google di bisnis smartphone dan mobile computing mulai tahun 2009 bahkan memaksa Eric Scmidt mundur dari dewan direksi Apple.

Sepanjang kariernya, Apple di bawah kepemimpinan Steve Jobs memang berhasil menciptakan produk-produk inovatif yang mendikte pasar. Bahkan, tak sedikit konsumen yang fanatik dengan produk buatan Apple, yang tidak hanya unggul dalam kinerja dan fungsi, tetapi juga desain yang menawan.

Sebagian orang bahkan menyebut Apple sebagai semacam "sekte" karena sebagian fans rela mengorbankan apa pun demi mendapatkan produk Apple. Bahkan, beberapa produk merevolusi pasar sehingga mengubah peta industri yang akhirnya diikuti pemain lainnya. Misalnya iPod yang mengubah industri musik dengan iTunes, atau iPad yang memelopori tren tablet komputer.

"Steve Jobs adalah pebisnis genius di generasi kami. Kontribusinya kepada Apple, kontribusinya kepada teknologi, termasuk bahkan kontribusinya kepada Amerika, tak tertandingi di dunia. Ia sungguh hebat," kata Meg Whitman, mantan CEO eBay.

Rivalnya di industri PC, Bill Gates, yang sudah meninggalkan Microsoft sejak 2008, sebelumnya juga menyebut Steve Jobs sebagai orang paling menginspirasi di industri teknologi. Presiden Barack Obama sekalipun memujinya sebagai contoh dari mimpi Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.