Pengembang Aplikasi Android Risaukan Pembajakan

Kompas.com - 12/09/2011, 10:34 WIB
EditorTri Wahono

BOSTON, KOMPAS.com - Sebuah survei yang dilakukan oleh Skyhook, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, atas 75 developer Android menyimpulkan bahwa pembajakan menjadi kekhawatiran terbesar para developer. Hasil survei yang dirilis Kamis (8/9/2011) menunjukkan 26 persen developer menganggap pembajakan sebagai sebuah masalah yang cukup mengganggu.

Sedangkan sekitar 27 persen developer menganggap pembajakan sebagai masalah besar. Lebih lanjut, 53 persen developer menganggap Google terlalu longgar dalam mengawasi Android Market, pusat transaksi software Android sehingga hal tersebut jadi masalah.

Dari segi keuangan, dampak pembajakan ini tidak kecil. Sepertiga developer mengatakan bahwa mereka kehilangan potensi pendapatan lebih dari 10.000 dollar AS akibat beredarnya peranti lunak ilegal ini. Sebesar 32 persen menyatakan bahwa pembajakan membuat ongkos pendukung membengkak. Sedangkan 25 persen mengatakan bahwa ongkos server ikut terbebani.

"Aplikasi Android bagaikan hidup di dunia koboi tanpa sheriff," ujar Carl Howe, Direktur Riset dari Yankee Groups. "Dengan lima pemain lain yang bertarung memperebutkan pasar, Google tak boleh membiarkan pembajakan membunuh bisnis developer," tambah Carl.

Seperti diketahui, pasar untuk aplikasi berbasis mobile internet tiap tahun meningkat. Di Amerika Serikat, misalnya, tiap tahun ada penambahan 40 aplikasi per pengguna tiap tahunnya. Sebuah studi dari perusahaan teknologi Ovum, memprediksi jumlah aplikasi yang di unduh akan menjadi 18 miliar, meningkat 144 persen dibanding tahun lalu dengan jumlah sekitar 7,4 miliar.(Kontan/Harry Febrian)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.