Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Purbalingga Operasikan 4 Mobil Internet Pedesaan

Kompas.com - 21/09/2011, 10:27 WIB

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Untuk mempersempit kesenjangan digital di wilaya pelosok, Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan mengoperasikan empat unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) mulai pertengahan September ini.

Mobil internet tersebut merupakan bantuan dari Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, Yonathan Eko Nugroho, Rabu (21/9/2011), unit M-PLIK (mobil internet) merupakan program yang bernilai strategis di bidang telekomunikasi dan bertujuan mempersempit kesenjangan digital.

"Langkah ini ditempuh dengan pemerataan informasi dan penyediaan akses teknologi informasi yang pada akhirnya diharapkan mampu mempercepat akselerasi pembangunan," terangnya.

Dia mengatakan, mobil internet tersebut merupakan program Universal Service Obligation (USO) Pusat Layanan Internet Kecamatan yang bersifat mobile untuk akses internet yang sehat, aman, capat, dan murah. Tujuan layanan ini adalah untuk melayani daerah-daerah kecamatan yang belum terjangkau akses informasi dan internet.

Yonathan melanjutkan, operasional pengoperasian mobil internet ini, untuk empat tahun ke depan masih dibiayai Kementerian Kominfo melalui pihak ketiga yang telah ditunjuk. Khusus untuk Purbalingga melalui PT Jogja Digital.

Setiap satu unit mobil dilengkapi enam unit computer jinjing yang terkoneksi internet, televisi dan peralatan pendukung lain. Satu unit mobil dioperasikan dua orang, yang masing-masing seorang sebagai sopir dan seorang lagi sebagai operator.

"Nantinya, mobil internet ini kami jadwalkan berkeliling ke seluruh pelosok wilayah kecamatan di Purbalingga yang dinilai jauh dari akses internet," kata Yonathan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com