Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ibadah Haji

Persiapan Jelang Wukuf Terus Ditingkatkan

Kompas.com - 02/11/2011, 23:38 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com  - Persiapan untuk keperluan jemaah calon haji selama menjalankan wukuf di Arafah mendekati 100 persen, mulai katering, kemah serta layanan kesehatan. Demikian pula untuk keperluan di Muzdalifah dan Mina.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Bahrul Hayat, mengemukakan itu di Mekkah, Arab Saudi, Rabu (2/11/2011).

"Kami sudah dua kali lakukan pengecekan di Armina untuk melihat segala persiapan, dan Kamis besok akan kami lakukan pemeriksaan terakhir bersama Menteri Agama," kata Bahrul.

Tenda selama jemaah wukuf di Arafah, misalnya, sudah dipasang dan diperbaiki sesuai dengan kemauan Kementerian Agama. Kondisinya lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, jalan yang memisahkan tenda juga sudah dipasang  paving block, sehingga memudahkan jamaah untuk jalan kaki keluar masuk tenda.

Demikian pula mengenai makanan yang nanti akan menggunakan cara prasmanan.  Bahrul mengatakan, nanti  akan ada petugas yang akan mengatur pergerakan jemaah agar antre dengan tertib.

 "Untuk antre makanan, akan ada pengaturan berdasarkan pengelompokan kloter yang nanti akan diatur oleh petugas masing-masing kloternya atau maktab," papar Sekjen.

Dia mengimbau kepada jamaah untuk tidak perlu terburu-buru dan berdesakan saat antre makanan, karena stok yang tersedia banyak.

Untuk layanan kesehatan, dia menjamin bahwa seluruh jamaah yang sakit, sehingga tidak bisa berjalan kaki menuju Armina, akan disafari wukufkan menggunakan ambulans.

Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI), kata sekjen, juga tetap beroperasi melayani jamaah yang sakit seperti dengan menyediakan pendamping medis saat melakukan wukuf.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com