Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri Cagub Incumbent Diduga Bagi-bagikan Uang

Kompas.com - 03/11/2011, 22:00 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Nani Mokodongan, istri calon Gubernur Incumbent, Gusnar Ismail, kedapatan tangan membagi-bagikan uang pada saat kampanye.

Nani diduga membagi-bagikan uang dengan variasi sejumlah 20 ribu rupiah hingga 50 ribu rupiah Kecamatan Biluhu Timur, Kabupaten Gorontalo.

"Yang bersangkutan kedapatan tangan membagi-bagikan uang dan stiker pada pada orang dewasa hingga anak-anak," kata Suprin Zain, anggota Panwas Kecamatan Biluhu Timur, Kamis (3/11/2011).

Sebagai barang bukti, dirinya telah menyerahkan rekaman video dari ponsel pribadinya, yang berisi aksi bagi-bagi duit itu, kepada Panwaslu Kabupaten Gorontalo.

Menanggapi hal itu, Helmi Adam, ketua tim pemenangan dari pasangan incumbent, Gusnar Ismail-Toni Uloli, membantah aksi politik uang itu. "Itu rekayasa untuk menjatuhkan bapak Gusnar dan Toni Uloli," katanya.

Di tempat terpisah, Agus Madina, anggota Panwaslu Provinsi Gorontalo, mengaku sudah mendengar kabar itu, namun menurutnya belum ada yang melaporkan kepada pihaknya. "Barangkali sudah dilaporkan ke Panwas Kabupaten Gorontalo," katanya.

Menurut dia, setiap pelanggaran kampanye yang disertai bukti, dapat diproses dan dikenai sanksi. Tahapan Pilkada di Gorontalo telah memasuki masa kampanye, terhitung sejak 29 Oktober 2011 hingga dua pecan ke depan.

Pilkada yang akan digelar pada 16 November 2011, diikuti oleh tiga pasangan kandidat, Rusli Habibie - Idris Rahim, dari partai Golkar dan PPP dengan nomor urut satu.

Pasangan Incumbent, Gusnar Ismail - Toni Uloli, yang diusung oleh partai Demokrat, Gerindra, Hanura dan PKS, dengan nomor urut dua. Serta pasangan David Bobihoe - Nelson Pomalingo, dari jalur independen namun mendapat sokongan dari PAN dan PDIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com