Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 4S Bikin Pendapatan HTC Turun

Kompas.com - 08/11/2011, 18:07 WIB

KOMPAS.com - Pendapatan vendor smartphone asal Taiwan, HTC mengalami penurunan 2,81 persen bulan Oktober 2011, akibat kalah bersaing dengan penjualan iPhone.

Pendapatan konsolidasi HTC hingga Oktober 2011 mencapai 1,46 miliar dollar AS, turun 2,81 persen dari September 2011. Berdasarkan laporan Commercial Times, harian berbahasa China di Taiwan, menyebutkan penurunan pendapatan selama Oktober ini lebih disebabkan karena masyarakat China hingga Taiwan sedang senang membeli produk Apple.

Penurunan pendapatan HTC itu sudah diprediksi oleh beberapa analis sebelumnya. HTC diprediksi hanya akan menjual 12 juta-13 juta ponsel, turun dari 13,2 juta ponsel pada tahun 2010.

"Itulah dampak dari kehadiran dan penjualan iPhone 4S," kata analis Baird, William Power.

Analis RBC Capital, Mike Abramsky juga telah mengingatkan sebelumnya bahwa penjualan iPhone masih sangat kuat di pasar. Tentu saja akan memotong pangsa pasar HTC. "Itupun belum bersaing dengan penjualan Blackberry," tambah Abramsky.

Meski sebulan mengalami penurunan, pendapatan HTC selama setahun justru naik 36,01 persen. Bahkan, pendapatan selama Januari hingga Oktober 2011 malah naik 97,16 persen.

Untuk mempertahankan pendapatan, HTC telah mempersiapkan delapan ponsel pintar yang akan diinjeksi dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada awal 2012 mendatang. Salah satu ponsel pertama yang akan diluncurkan adalah HTC Vivid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com