iPhone 4S Bikin Pendapatan HTC Turun

Kompas.com - 08/11/2011, 18:07 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Pendapatan vendor smartphone asal Taiwan, HTC mengalami penurunan 2,81 persen bulan Oktober 2011, akibat kalah bersaing dengan penjualan iPhone.

Pendapatan konsolidasi HTC hingga Oktober 2011 mencapai 1,46 miliar dollar AS, turun 2,81 persen dari September 2011. Berdasarkan laporan Commercial Times, harian berbahasa China di Taiwan, menyebutkan penurunan pendapatan selama Oktober ini lebih disebabkan karena masyarakat China hingga Taiwan sedang senang membeli produk Apple.

Penurunan pendapatan HTC itu sudah diprediksi oleh beberapa analis sebelumnya. HTC diprediksi hanya akan menjual 12 juta-13 juta ponsel, turun dari 13,2 juta ponsel pada tahun 2010.

"Itulah dampak dari kehadiran dan penjualan iPhone 4S," kata analis Baird, William Power.

Analis RBC Capital, Mike Abramsky juga telah mengingatkan sebelumnya bahwa penjualan iPhone masih sangat kuat di pasar. Tentu saja akan memotong pangsa pasar HTC. "Itupun belum bersaing dengan penjualan Blackberry," tambah Abramsky.

Meski sebulan mengalami penurunan, pendapatan HTC selama setahun justru naik 36,01 persen. Bahkan, pendapatan selama Januari hingga Oktober 2011 malah naik 97,16 persen.

Untuk mempertahankan pendapatan, HTC telah mempersiapkan delapan ponsel pintar yang akan diinjeksi dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada awal 2012 mendatang. Salah satu ponsel pertama yang akan diluncurkan adalah HTC Vivid.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.