Kompas.com - 23/11/2011, 14:20 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Ada dua jalur yang bisa dipilih pengguna yang ingin meng-upgrade sistemnya ke Windows 8 kelak. Jalur awam dan jalur teknis.

Microsoft berharap adanya dua jalur itu akan mempercepat waktu upgrade. Jalur awam akan memudahkan kalangan pengguna rumahan yang selama ini cukup kesulitan saat hendak upgrade sistem operasi.

Jalur awam

Jalur yang lebih mudah itu akan tersedia bagi mereka yang menjalankan peranti lunak upgrade melalui keping DVD atau hasil unduhan. Software ini menggabungkan aplikasi Windows 7 Upgrade Advisor, Windows Easy Transfer, dan set up ke dalam satu tampilan wizard yang mudah.

Wizard ini akan mendeteksi kemungkinan masalah yang terjadi pasca-upgrade. Pengguna bisa memilih apakah masalah-masalah itu vital dan melanjutkan dengan proses pemindahan aplikasi lain dari Windows 7 ke Windows 8.

Pengguna yang lompat dari Vista tak bisa memindahkan aplikasinya, sedangkan pengguna XP hanya bisa memilih untuk memindahkan file pribadi.

Microsoft berjanji prosesnya akan lebih sederhana di Windows 7 kelak. Jika proses upgrade ke Windows 7 butuh sekitar 60 kotak dialog dan 4 wizard, proses yang baru ini hanya butuh 11 klik di satu aplikasi saja.

Jalur teknis

Adapun jalur satu lagi adalah jalur teknis. Upgrade yang bisa dilakukan dari DVD atau USB flashdisk ini memungkinkan pengaturan lanjut, seperti pemilihan partisi hingga melakukan format hard disk saat instalasi.

Microsoft memperkirakan waktu upgrade yang dibutuhkan akan turun drastis. Misalnya, saat Windows 7 upgrade "berat" yang melibatkan 430.000 file dan 90-an aplikasi butuh waktu 188 menit, di Windows 8 hanya butuh 46 menit. Waktu untuk instalasi bersih juga akan jadi lebih singkat. Di Windows 7 proses ini butuh waktu 32 menit, untuk Windows 8 cukup 21 menit.

Akankah janji ini terpenuhi? Nantikan saja saat Windows 8 tiba pada 2012.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.