Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Promo BB Kisruh, Kapolsek Kebayoran Baru Dimutasi

Kompas.com - 01/12/2011, 12:40 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Akibat kericuhan yang terjadi pada saat promo Blackberry Bold 9790 atau Bellagio, Kepala Polsek Metro Kebayoran Baru Komisaris Hando dimutasi dari jabatannya semula. Hando kini ditugaskan menjadi staf di Polda Metro Jaya. Demikian disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar, Kamis (1/12/2011) di Mapolda Metro Jaya.

"Baru keputusannya keluar kemarin sore dari Bidang Propam (Profesi dan Pengamanan). Kapolsek Kebayoran Baru dipindahkan ke sini (Polda Metro) menjadi staf karena kasus promo Blackberry," ungkap Baharudin.

Baharudin mengatakan, Hando untuk sementara waktu belum menduduki posisi tertentu hingga beberapa waktu. "Sekarang non-job dulu iya, tetapi nanti akan dikasih tahu ditempatkan di mana," ujarnya.

Dia mengatakan, Hando dicopot dari jabatannya semula lantaran dianggap lalai mengawasi anak buahnya dalam mengeluarkan izin keramaian. "Karena dari semuanya, kesalahan proses saat itu banyak sekali seperti pemberitahuan EO yang tidak lengkap memberikan informasi kepada petugas. Sebagai kapolsek tetap harus lakukan pengawasan yang lebih optimal," kata Baharudin.

Sementara pihak kepolisian masih mencari pengganti Hando untuk menjabat sebagai Kepala Polsek Metro Kebayoran Baru.

Sebelumnya, Kepala Unit Intel Polsek Metro Kebayoran Baru Ajun Komisaris berinisial S sudah lebih dulu mendapatkan sanksi disiplin. Dia dicopot dari jabatannya semula dan dipindahkan ke Polres Metro Jakarta Selatan.

Kedua pejabat Polsek Metro Kebayoran Baru itu dianggap lalai menelaah surat pemberitahuan yang diajukan panitia penyelenggara acara promo Blackberry. Pasalnya, pihak panitia hanya memberikan surat pelaksanaan acara tanpa disertai estimasi pengunjung, proposal, atau pun susunan acara.

Sebagaimana diberitakan, pihak Research In Motion (RIM) pada Jumat (25/11/2011) mengadakan promo harga khusus pada acara peluncuran produk Blackberry Bold 9790 atau Bellagio terbaru di Pacific Place. Harga Blackberry Bellagio yang standarnya mencapai Rp 4,6 juta didiskon sampai hanya Rp 2,3 juta per unit. Hal ini membuat ribuan masyarakat tergiur dan mendatangi acara promo itu.

Sayangnya, panitia tidak menyangka masyarakat yang hadir membeludak, bahkan sudah melebihi jumlah produk yang dijual. Alhasil, masyarakat yang sudah mengantre berjam-jam berang dan memaksa masuk ke antrean.

Aksi dorong-dorongan tak bisa dihindarkan. Panitia dan polisi kewalahan sampai sekitar 90 orang pembeli pingsan di tempat.

Sudah ada tiga tersangka terkait insiden itu. Ketiganya yakni T dari pihak konsultan keamanan yang ditunjuk RIM, M dari pengelola Pacific Place, dan E dari panitia pelaksana acara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com