Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian Akibat Pembajakan Ratusan Miliar Rupiah

Kompas.com - 06/12/2011, 23:28 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerugian pembajakan perangkat lunak komputer atau software mencapai ratusan miliar per tahun. Hal tersebut diungkapkan A. Yulianto Nurmasyah, kuasa hukum Bussines Software Alliance (BSA) dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (6/12/2011).

"Kerugian mencapai ratusan miliar rupiah per tahun diseluruh Indonesia. Sampai saat ini angka pastinya belum ada karena terus dihitung sampai akhir tahun," ujarnya.

BSA yang merupakan persatuan produsen software bertaraf internasional ini telah melakukan survey terhadap pelanggaran terbanyak. "pengguna terbanyak software bajakan adalah perusahaan-perusahaan itu sendiri," ujarnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan tindakan pencegahan guna meminimalisir pembajakan tersebut. "Pertama sosialisasi intensif kepada para penjual dan perusahaan, kedua bekerja sama dengan penyidik dan kepolisian, baik dari Polda Metro Jaya dan Polres di Jakarta dan daerah," tambahnya.

Meskipun demikian, Yulianto menambahkan, masih tetap saja ada perusahaan yang membandel dengan menggunakan software bajakan tersebut. "Sosialisasi dan penegakan huku sudah dilakukan bertahun-tahun, dan tetap saja terjadi," tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Polres Jakarta Selatan bekerja sama dengan BSA baru saja menangkap dua tersangka pembajak perangkat komputer di Mall Ambassador. Dari tersangka disita 222 keping software bajakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com