Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM dan Email Tak Berfungsi, RIM Tunda Blackberry 10?

Kompas.com - 25/12/2011, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Research in Motion (RIM) selaku produsen Blackberry sedang dilanda gosip yang tidak sedap. RIM dikabarkan menunda peluncuran sistem operasi (OS) BlackBerry 10 karena fitur BlackBerry Messenger (BBM) dan emailnya tidak berjalan sempurna di OS tersebut.

"Mereka menunda peluncuran OS tersebut karena belum memiliki produk yang benar-benar bisa berjalan di BlackBerry 10," tulis seorang sumber anonim yang dikutip Boy Genius Report.

Terkait pernyataan tersebut, RIM membantahnya. Produsen asal Kanada itu menganggap bahwa penundaan peluncuran OS terbaru itu disebabkan karena kinerja perusahaan sedang menurun hingga kuartal III-2011. RIM juga menegaskan bahwa klaim dari sumber anonim itu merupakan pernyataan yang tidak akurat dan salah informasi.

Sebelumnya, Co-CEO RIM Mike Lazaridis mengaku bahwa saat ini pihaknya sudah memilih prosesor yang sesuai dengan BlackBerry 10. Teknologi chip yang dipakai adalah menggabungkan chip dual core dengan modul radio 4G LTE. Peluncurannya pun dijadwalkan tidak melampaui pertengahan 2012.

Pada tablet BlackBerry Playbook, RIM memang tidak menyertakan layanan email dan BBM. Playbook harus dikoneksikan dengan handset BlackBerry untuk mendapatkan layanan inti tersebut. Janjinya, kemampuan itu akan hadir bersamaan OS BlackBerry 10.

Dari sumber Boy Genius Report, RIM tampaknya belum menemukan cara yang pas untuk menempatkan layanan intinya pada OS BlackBerry 10. Begitu juga dengan OS 2.0 PlayBook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com