Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rajai Pasar Smartphone AS

Kompas.com - 02/01/2012, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Ambisi Samsung untuk menguasai pangsa pasar smartphone di Amerika Serikat (AS) semakin langgeng. Vendor asal Korea Selatan itu berhasil meningkatkan pangsa pasar smartphone-nya di AS.

Lembaga riset comScore, melakukan penelitian dari bulan September hingga November 2011 di AS. Menurut survei itu, ada 234 juta orang pengguna smartphone yang berusia 13 tahun ke atas. Hasil riset menempatkan Samsung sebagai produsen paling populer, diikuti LG, Motorola, Apple dan Research In Motion (RIM).

Dari 5 produsen tersebut, hanya Samsung dan Apple yang berhasil meningkatkan pang pasar pada periode September sampai November 2011. Pangsa pasar Samsung naik 0.3 persen menjadi 25,6 persen (persentase terhadap angka pelanggan layanan mobile). Sementara Apple, yang menempati posisi 4 memperoleh pangsa pasar 11,2 persen, atau naik 1,4 persen jika dibandingkan bulan Agustus 2011 lalu.

LG dan Motorola berada di peringkat 2 dan 3 dengan pasar 21 persen dan 14 persen. Penjualan LG dan Motorola ini mengalami penurunan, masing-masing 0.5 persen dan 0.3 persen. Sementara RIM sebagai produsen BlackBerry, bercokol di posisi 5 dengan pangsa pasar 6.5 persen. RIM kehilangan 0.6 persen pangsa pasar, jika dibandingkan Agustus 2011.

Awal Desember 2011, Samsung telah menyatakan bahwa mereka berhasil menjual lebih dari 300 juta perangkat mobile di 2011. Prestasi ini sekaligus mencatat rekor baru dalam sejarah perusahaan Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com