Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Lindungi Produksi Lokal

Taiwan Kurangi Serial Drama Korea di TV

Kompas.com - 05/01/2012, 06:24 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

TAIPEI, KOMPAS.com - Regulator media nasional Taiwan, The National Communication Commision, Komisi Komunikasi Nasional (NCC) mengumumkan rencana mengurangi konten televisi Korea di media Taiwan. Pengurangan konten Korea ini bertujuan mendorong pengembangan konten lokal.

Sejumlah media Korea seperti dikutip Channel News Asia Kamis (5/1/2012) menyebutkan, stasiun televisi Taiwan, Gala Television Corporation (GTV), yang banyak menayangkan serial drama, menjadi stasiun TV pertama yang menyetujui permintaan NCC untuk mengurangi tayangan Korea mulai Juni mendatang.

NCC sebelumnya meminta GTV menayangkan acara konten Taiwan antara pukul 18.00-24.00 setiap hari dan meningkatkan program drama produksi non-Korea.

NCC juga meminta GTV memastikan memproduksi program lokal Taiwan paling sedikit 20 persen dari isi siaran keseluruhan.

Meskipun musik pop dan serial drama Korea makin populer di Asia akhir-akhir ini, kehadiran hiburan Korea ini juga menimbulkan kritik dari Jepang dan Taiwan karena acara-acara lokal terpinggirkan.

Sejumlah warga Jepang turun ke jalan Agustus 2011 lalu, memprotes stasiun TV Jepang, Fuji TV, yang dianggap menayangkan terlalu banyak serial drama Korea.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com