Apple Mengalah Bayar Paten Milik Perusahaan Taiwan

Kompas.com - 09/01/2012, 19:45 WIB
EditorPepih Nugraha

KOMPAS.com - Apple dikabarkan telah melanggar lebih dari dua hak paten milik perusahaan desain layar sentuh di Taiwan, Elan Microelectronics. Atas kasus tersebut, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini telah membayar 5 juta dollar AS.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters yang dikutip Tech Eye disebutkan, masalah ini dimulai pada tahun 2009 saat Elan Microelectronics menggugat Apple di Amerika Serikat atas pelanggaran hak patennya. Namun, Apple malah balik menggugat Elan Microelectronics.

Gugatan Apple itu malah mendapat dukungan dari Komisi Perdagangan Internasional (International Trade Commission/ITC) Amerika Serikat pada Juni 2011 lalu dan memutuskan bahwa Apple tidak melanggar hukum perdagangan Amerika Serikat.

Anehnya, baru-baru ini Apple malah mencabut gugatan kepada Elan Microelectronics dan setuju membayar kompensasi hak paten milik Elan Microelectronics yang telah dilanggar.

Yang menarik lagi, kedua perusahaan yang bersengketa tersebut akhirnya menyetujui pertukaran otorisasi untuk menggunakan hak paten masing-masing.

Elan Microelectronics juga merupakan perusahaan sirkuit terpadu yang banyak diminati vendor. Baru-baru ini Dell memesan chip yang akan digunakan di touchpad untuk di perangkat laptopnya.

Pengendalian paten yang melibatkan integrasi chip sentuh menjadi begitu penting di akhir tahun lalu ketika sistem operasi Windows 8 di notebook akan lebih banyak dioperasikan melalui sentuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.