Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video Game

Dukungan untuk Porting Dark Souls ke PC Capai 71.000 Suara

Kompas.com - 15/01/2012, 12:28 WIB

KOMPAS.com - Sebuah petisi secara online yang meminta Namco Bandai Games memporting permainan mereka, Dark Souls ke platform PC, kini sudah tembus 71.000 suara. Dukungan yang dicapai dalam waktu seminggu itu kabarnya berhasil mendapatkan perhatian direksi studio tersebut.

Hingga Sabtu (13/1/2012) pukul 16.30 WIB, sudah ada 71.573 suara yang memberikan dukungan agar Dark Souls tidak hanya dibuat untuk konsol Sony Playstation 3 dan Microsoft Xbox 360. Angka tersebut cukup fantastis mengingat kurang dari sehari sejak petisi dibuat sudah dihujani 24.000 dukungan.

Salah satu admin di forum komunitas Namco Bandai dengan akun 'shoupinu' berseru gembira dengan dukungan melimpah yang didapatkan dari para gamer. Dia menuliskan dalam forum itu bahwa petisi tersebut akhirnya mendapatkan perhatian dari para pemangku kebijakan di perusahaan tersebut.

"Jika Anda menginginkan perhatian dari Namco Bandai Games, sekarang sudah didapatkan. Masa depan di tangan Anda semua, semoga tetap mendukung langkah ini," tulis shoupinu di forum itu.

Yang pasti, para penggemar tinggal menunggu waktu saja agar dukugan yang mereka tunjukkan bisa ditangkap sebagai permintaan. Dalam hukum ekonomi dasar, petisi tersebut berharap agar Namco Bandai sebagai produsen bisa menyanggupi permintaan tersebut dengan suplai barang.

Dark Souls adalah jenis game RPG yang memiliki keunikan pada tingkat kesulitannya. Permainan yang menempatkan pemain pada lorong gelap serta bertarung melawan monster raksasa ini memiliki mekanisme permainan yang dijamin membuat banyak pemainnya terus-terusan tegang. Selain monster yang sulit dikalahkan, mekanisme permainannya pun kian "menghukum" bila pemain bermain buruk.

Namun, justru permainan yang pertama kali dirilis di Jepang pada 22 September 2011 ini mendapatkan sambutan meriah dari berbagai sumber ulasan game. Tidak lupa pula penghargaan maupun sebutan sebagai game hard-core yang menempatkan pemainnya untuk bermain dengan insting mereka.

Petisi

Adalah situs Rock, Paper, Shotgun, yang mengangkat soal kemungkinan tersebut dengan dasar sebuah tautan kepada forum Namco Bandai, distributor permainan tersebut secara internasional. Dalam tautan tersebut, berisi kutipan di sebuah forum di mana seorang pengguna dengan akun "shoupinu" yang mengatasnamakan staf dari Namco Bandai menjawab pertanyaan seorang pengguna lain bernama "Tuco".

Tuco dalam postingnya tertanggal 2 Januari 2011 mengusulkan kepada Namco Bandai maupun From Software untuk mempertimbangkan agar memporting Dark Souls ke PC mengingat pasar pengguna PC yang tidak kalah besar. Selain itu, Tuco juga menggunakan ilustrasi larisnya game RPG seperti Elder Scroll: Skyrim, atau The Witcher 2, sebagai insentif agar From Software turut mengejar pasar pengguna PC.

"Selalu ada kemungkinan untuk memporting game ke PC dan kabar baiknya Dark Souls bukan 100 persen permainan yang bergaya konsol sehingga adaptasi tersebut dimungkinkan. Untuk membuat permintaan tersebut nyata, barangkali seseorang bisa membuat petisi?" balas Shoupinu pada 5 Januari 2012.

Namun, situs RPS segera mendapat konfirmasi dari Namco Bandai bahwa porting tersebut hanyalah isapan jempol belaka dan tidak memberikan komentar apa pun mengenai permintaan tersebut. Komentar yang didapat tidak lama setelah artikel tersebut diunggah ternyata tidak menghentikan arus dukungan untuk mendukung porting ke PC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com