Protes, Wikipedia Bahasa Inggris Siap Dimatikan

Kompas.com - 17/01/2012, 15:44 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com Pengelola situs populer di AS sedang kompak melawan penerapan undang-undang anti-pembajakan Stop Online Piracy Act (SOPA). Rencana "blackout" pun muncul.

Rencana "blackout", alias menutup layanan untuk sementara, ini mulai muncul karena undang-undang tersebut dianggap terlalu mengekang. Penerapannya mencakup langkah-langkah pemblokiran situs yang dianggap melanggar.

Protes terhadap SOPA dilakukan oleh Reddit.com. Dalam blog resminya, situs user generated content itu menetapkan tanggal 18 Januari 2012 sebagai SOPA Blackout Day. Pada hari itu, waktu setempat, Reddit akan dimatikan selama 12 jam.

Aksi ini diikuti oleh Wikimedia Foundation yang akan menutup layanan Wikipedia berbahasa Inggris selama 24 jam. Dalam pernyataan resminya, Wikimedia Foundation menyebut ini sebagai langkah yang sulit.

"Pendapat kami di komunitas Wikipedia Berbahasa Inggris, jika undang-undang itu diloloskan, akan menjadi malapetaka bagi web yang bebas dan terbuka," sebut pernyataan itu.

Langkah Wikimedia Foundation ini menegaskan pernyataan salah satu pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, yang memprotes keras undang-undang tersebut.

Sebelumnya, pendiri Twitter juga telah melakukan aksi protes dengan menggalang dukungan melalui avatar. Semua pendukung anti-SOPA mengganti avatar mereka dengan logo dan tulisan anti-SOPA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dikabarkan Techland Time.com, perusahaan-perusahaan di Silicon Valley, seperti Facebook, Twitter, Yahoo, Google, Wikipedia, dan PayPal akan offline pada 18 Januari 2012.

Namun, rencana itu belum bisa dipastikan. Beberapa perusahaan masih belum mengumumkan secara resmi apakah akan ikut serta dalam Blackout Day atau tidak.

Facebook, misalnya, pada hari yang sama justru berencana melakukan kegiatan dengan mengundang media massa, sedangkan Twitter kemungkinan tak akan dimatikan pada hari itu.

Tidak ikut matinya Twitter justru mendapat dukungan dari Jimmy Wales. Menurutnya, Twitter lebih baik tetap aktif dan digunakan untuk koordinasi gerakan anti-SOPA ini.

Gedung putih dan Presiden AS Barack Obama juga menyatakan tidak setuju dengan SOPA dan sudah mengirimkan surat penolakan resminya kepada Senat.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.