Seperti MeeGo, Samsung Bada Bakal Gabung ke Tizen

Kompas.com - 18/01/2012, 14:38 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Samsung berencana akan menggabung sistem operasi (OS) Bada dengan Tizen, sebuah sistem operasi terbuka berbasis standar yang dimaksudkan untuk berbagai perangkat.

Samsung meluncurkan OS Bada pada 2010, namun perkembangannya boleh dibilang masih kurang menakjubkan. Samsung sejauh ini lebih sukses dengan Android untuk jajaran smartphone-nya. 

Tizen saat ini telah mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Termasuk LiMo dan MeeGo, sistem operasi mobile berbasis Linux. LiMo pun merupakan platform yang didukung Samsung, sedangkan MeeGo didukung oleh Intel.

Dengan penggabungan ini harapannya developer pendukungnya juga akan bertambah besar. Mulai dari developer untuk Bada hingga MeeGo dan Tizen sendiri.

Tae-Jin Kang, Senior Vice President Samsung mengatakan Tizen kemungkinan akan muncul dalam satu atau dua produk Samsung di 2012 ini. Namun tetap saja Tizen belum diproyeksikan sebagai platform utama mereka.

Rencana Samsung ini disambut baik oleh analis IDC Francisco Jeronimo. "Dengan kepemimpinan dari vendor seperti Samsung, saya pikir sistem operasi ini punya peluang. Apalagi saat ini vendor Android sedang mencari alternatif agar tak tergantung pada Google," ujarnya kepada Reuters.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.