Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti MeeGo, Samsung Bada Bakal Gabung ke Tizen

Kompas.com - 18/01/2012, 14:38 WIB

KOMPAS.com - Samsung berencana akan menggabung sistem operasi (OS) Bada dengan Tizen, sebuah sistem operasi terbuka berbasis standar yang dimaksudkan untuk berbagai perangkat.

Samsung meluncurkan OS Bada pada 2010, namun perkembangannya boleh dibilang masih kurang menakjubkan. Samsung sejauh ini lebih sukses dengan Android untuk jajaran smartphone-nya. 

Tizen saat ini telah mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Termasuk LiMo dan MeeGo, sistem operasi mobile berbasis Linux. LiMo pun merupakan platform yang didukung Samsung, sedangkan MeeGo didukung oleh Intel.

Dengan penggabungan ini harapannya developer pendukungnya juga akan bertambah besar. Mulai dari developer untuk Bada hingga MeeGo dan Tizen sendiri.

Tae-Jin Kang, Senior Vice President Samsung mengatakan Tizen kemungkinan akan muncul dalam satu atau dua produk Samsung di 2012 ini. Namun tetap saja Tizen belum diproyeksikan sebagai platform utama mereka.

Rencana Samsung ini disambut baik oleh analis IDC Francisco Jeronimo. "Dengan kepemimpinan dari vendor seperti Samsung, saya pikir sistem operasi ini punya peluang. Apalagi saat ini vendor Android sedang mencari alternatif agar tak tergantung pada Google," ujarnya kepada Reuters.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com