Google Akan Bangun "Home Entertainment" Berbasis Android

Kompas.com - 11/02/2012, 10:46 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Google dikabarkan akan memasuki bisnis multimedia dengan membuat sistem home entertainment nirkabel berbasis Android. Proyek ini memungkinkan pengguna bisa men-download digital konten dan streaming dari perangkat elektronik.

Bahkan, Google pun akan memproduksi speaker untuk melengkapi koleksi perangkat hiburannya.

Google sebelumnya telah membangun musik online berbasis komputasi awan bernama Google Music, yang terdiri atas lagu dan album, yang terintegrasi dengan jejaring sosial Google+. Google Music membuat pengguna bisa menyimpan dan memutar musik.

Membangun perangkat keras memang bukan bagian Google. Untuk Android, misalnya, Google tidak memproduksi sendiri perangkat Android, tetapi bekerja sama dengan produsen ponsel.

Google TV sekalipun, perangkat televisinya tidak diproduksi sendiri oleh Google. Google hanya menyediakan perangkat lunak untuk televisi pintar ini.

Maka, para analis skeptis Google akan bisa serius di bisnis perangkat keras, apalagi di perangkat elektronik. Roger Kay, Presiden Endpoint Associates Technologies, menyarankan Google membuat prototipe untuk menjalankan perangkat lunak Google.

Meski demikian, Google sebenarnya telah memiliki senjata untuk melengkapi proyek home entertainment ini, yaitu Google Music dan YouTube.

Google sepertinya ingin meniru langkah Apple yang sukses dengan proyek multimedianya. Apple sukses membuat ekosistem dengan menggabungkan kemampuan software, konten multimedia digital, serta perangkat keras, seperti iPad, iPhone, dan iPod.

Hingga berita ini ditulis, Google masih belum bersedia memberikan konfirmasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.