Pinterest Siapkan Kode "Jangan Ditusuk"

Kompas.com - 22/02/2012, 15:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Pinterest, layanan yang mulai mencuri perhatian, menyiapkan sebuah kode khusus "jangan di-pin" bagi situs yang ketakutan.

Situs social bookmarking yang merupakan start-up digital peraih gelar Best New Startup TechCrunch 2011 itu memang sedang terganjal masalah hak cipta.

Sebagian kalangan fotografer online menganggap kegiatan di Pinterest rentan melanggar hak cipta. Ini karena pengguna mudah sekali melakukan pin dan re-pin pada gambar mereka. Kadang, aktivitas itu membuat hak cipta sebuah foto menjadi tidak jelas.

Di sisi lain, Pinterest harusnya bisa jadi peranti yang baik bagi fotografer untuk menyebarluaskan karyanya. Bukannya ketakutan karyanya akan dibajak.

Konsep Pinterest

Pinterest merupakan jejaring sosial yang mengusung konsep sharing papan virtual. Bayangkan sebuah papan gabus yang biasa ditempel di dinding kamar.

Layanan ini memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.

Kumpulan gambar, foto yang biasanya disertai link website itu disebut Board. Setiap gambar yang ditempel disebut pin, dari kata pinning yang berarti "menusukkan sesuatu dengan jarum".

Kemudahan Pinterest yang menyediakan sistem bookmarklet dan integrasi sosial media menjadi daya tarik layanan ini.

Antisipasi dari Pinterest

Untuk mereka yang tidak mau karyanya ditempel oleh pengguna Pinterest, dan berpotensi dilihat banyak orang, Pinterest menyediakan kode khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.