Google Buka Toko Aplikasi Chrome di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2012, 09:45 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google telah meluncurkan Chrome Web Store untuk Indonesia, Rabu (29/2/2012). Chrome Web Store adalah toko aplikasi terbuka (open marketplace) yang akan memenuhi kebutuhan aplikasi internet bagi pengguna browser Chrome.

Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com, Google Web Store juga akan menjadi sarana bagi para pengembang aplikasi lokal untuk menampilkan aplikasi internet hasil karya mereka.

"Dengan hadirnya Chrome Web Store, pengguna internet memiliki tempat yang mudah untuk mencari dan membeli aplikasi internet yang mereka inginkan, lengkap dengan informasi tentang peringkat, resensi  dan sistem interface yang user friendly," tulis Google.

Toko aplikasi ini juga menyertakan beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk pasar Indonesia dan dibuat oleh pengembang lokal Indonesia. Berikut daftar beberapa aplikasi lokal yang sudah bisa diakses:

- Kompas Editor's Choice (Newspaper)
- Agnes Monica (Touch Jam)
- Capsa (Big 2 Game)
- Prambors (Radio)
- Blibli (e-commerce)
- Kapanlagi (Celebrities News)
- Nova (Female Magazine)
- Hai (Male Magazine)
- MindTalk (Social Channel)
- Lintas (News Aggregator)
- Muslim Life (Muslim App)

Di Chrome Web Store juga ada permainan terkenal seperti Angry Birds dan Battle Stations, serta aplikasi populer lainnya seperti Evernote, aplikasi untuk olah foto seperti Pixlr, dan fitur Google Docs pun dapat ditemukan disini.

Pengguna browser Chrome juga dapat menemukan Extensions dan Themes, untuk melakukan konsumisasi browser.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Extensions merupakan fitur dan fungsi yang dapat diatur sesuai dengan keperluan, yang dapat ditambahkan ke Chrome. Berbeda dengan aplikasi, jenis Extensions seperti PrayOnTime, sebuah fitur yang memberikan petunjuk shalat lima waktu sesuai dengan lokasi.

Sedangkan Themes merupakan fitur untuk mengubah tampilan dan latar belakang browser Chrome.

Saat ini, aplikasi-aplikasi yang ada di Chrome Web Store Indonesia belum ada yang berbayar, semuanya masih bisa digunakan secara gratis.

Ingin menjajal aplikasi internet yang tersedia di Chrome Web Store? Sila unduh browser Chrome terlebih dahulu, lalu kunjungi Chrome Web Store.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.