Hindari Macet dengan Waze

Kompas.com - 30/03/2012, 09:15 WIB
EditorReza Wahyudi

Waze.comWaze

JAKARTA, KOMPAS.com - Macet, menjadi hal yang paling dihindari oleh masyarakat Jakarta. Lebih baik melintasi jalur yang lebih jauh ketimbang harus terjebak macet. Beruntunglah kini ada aplikasi Waze di smartphone untuk memantau kemacetan.

Menurut salah seorang pengguna setia Waze, Eko Juniarto, yang merupakan IT Project Manager Pasifik Satelit Nusantara, Waze adalah aplikasi yang memanfaatkan penggunanya untuk berbagi dan mengetahui situasi lalu lintas sekaligus menyajikan navigasi, bak perangkat Global Positioning System (GPS).

Layaknya sebuah perangkat GPS, Waze bisa mengeluarkan perintah suara. Pilihan rute dibuat berdasarkan jarak dan kondisi macet yang dilaporkan para member. Jalur yang berwarna merah berarti sedang terjadi kemacetan di sana.

Navigation

"Kelebihan Waze ada pada realtime traffic update," kata Eko pada acara Kompas Tekno Idea di XXI Lounge Plaza Senayan Jakarta, Kamis (29/3/2012). Pengguna bisa melaporkan situasi lalu lintas jalur yang dilewati. Apakah terjadi kemacetan, atau hal apa yang menyebabkan kemacetan? Laporan macam ini disebut laporan aktif.

Laporan ini sangat berguna untuk orang lain agar mendapat informasi lalu lintas secara real time.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Report

Sedangkan yang disebut laporan pasif, pengguna tak harus melaporkan kondisi jalur yang dilewati. Dengan mengaktifkan Waze dan menentukan tempat tujuan (drive to), sudah berupa laporan pasif yang merekam data kecepatan rata-rata.

Driving to

Nah, semangat berbagi inilah yang membuat jejak peta yang telah dilewati satu pengguna, akan jadi acuan dalam berkendara oleh pengguna lainnya.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X