Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Ujian Nasional

Antisipasi Kecurangan, Sekolah Pasang Sirine dan CCTV

Kompas.com - 14/04/2012, 14:23 WIB
Junaedi

Penulis

MAJENE, KOMPAS.com - Tekad sekolah-sekolah di Majene, Sulawesi Barat untuk mewujudkan pelaksanaan ujian yang bersih dan jujur terus digemakan. Untuk menekan kasus kecurangan dalam ujian seperti mencontek atau membawa kunci jawaban, sejumlah sekolah di Majene memasang alat pengeras suara, sirine dan CCTV di setiap ruangan untuk memantau jalannya ujian.

Selain memasang berbagai alat "pengintai" kecurangan, sekolah-sekolah juga mengatur ruangan-ruangan yang akan dipakai dalam Ujian Nasional yang akan dilaksanakan secara serentak, Senin (16/4/2012).

SMK Negeri 2 Majene misalnya, sudah menyusun kursi-kursi dan meja ujian termasuk menempel nomor-nomor peserta di setiap meja dan ruangan. Jarak-jarak kursi diatur sedemikian rupa agar para peserta tidak bisa saling contek saat ujian berlangsung. Untuk menghindari kebocoran soal sebelum ujian berlangsung, nomor-nomor tes baru dibagikan kepada setiap siswa hari ini.

Ketua panitia pelaksana ujian, Idham mengatakan persiapan ujian tahun ini hampir rampung 100 persen. Hanya pemasangan nomor dan pembagian kartu ujian yang masih menunggu dilaksanakan sebelu ujian.

Jumlah peserta ujian di SMK Negeri 2 Majene tahun ini mencapai 400 lebih siswa. Tahun lalu sekolah ini mencatat prestasi kelulusan lebih dari 98 persen, dan tahun ini bertekad akan meningkatkan prestasi sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com