Mantan CEO Google Tak Lagi Bergaji 1 Dollar AS

Kompas.com - 23/04/2012, 18:59 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Awalnya, gaji bos Google Eric Schmidt masih sama dengan gaji bos Apple Steve Jobs, hanya 1 dollar AS per tahun. Namun, setelah naik menjadi Executive Chairman Google, gaji Schmidt naik menjadi 1,25 juta dollar AS per tahun.

Menurut Associated Press, Eric Schmidt baru melepas jabatan sebagai CEO Google pada akhir April 2011. Jabatan tersebut kemudian diserahkan kepada CEO Google yang baru, Larry Page.

Schmidt telah menjadi bos Google selama 10 tahun terakhir meski digaji hanya 1 dollar AS per tahun sejak  2005.

Pendapatan Schmidt pada 2011 tercatat sebesar 937.500 dollar AS per tahun. Ini karena dikurangi tiga bulan pertama 2011 ketika ia masih menjabat CEO.  

Menurut dokumen yang diajukan ke US Securities and Exchange Commission (Badan Pengawas Pasar Modal), gaji sebesar itu masih ditambah dengan kompensasi yang terdiri dari bonus 6 juta dollar AS dan tunjangan senilai hampir 264.000 dollar AS.

Nilai tersebut belum termasuk dengan paket saham dan opsi saham yang nilainya mendekati 100 juta dollar AS.

Secara keseluruhan, untuk 2011, Schmidt akan menerima paket kompensasi senilai 101 juta dollar AS atau setara dengan Rp 926 miliar.

Jumlah itu meningkat 322 kali lipat dibandingkan dengan paket 313.219 dollar AS yang diterima Schmidt pada tahun 2010.

Penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) saham Google pada Agustus 2004 memang telah membuat Schmidt dan dua pendiri Google, Larry Page serta Sergey Brin, kaya raya.

Ketiganya dinobatkan sebagai multimiliarder dan masuk di daftar orang terkaya di dunia versi majalah Forbes. Bahkan Schmidt pun siap menjual sahamnya untuk meminimalkan dampak pasar dan untuk menambah pundi-pundi kantongnya.

Dalam peringkat Forbes terbaru, Page berada di posisi ke-39 dan Brin di posisi ke-38, dengan masing-masing kekayaannya senilai hampir 19 miliar dollar AS. Sementara itu, Forbes memperkirakan kekayaan Schmidt sekitar 7 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.