Bos Apple Tidak Mau Terima Dividen Rp 700 Miliar

Kompas.com - 27/05/2012, 08:29 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Siapa yang kuasa menolak bonus sebesar 75 juta dollar AS atau sekitar Rp 710 miliar? Mungkin Anda tidak. Namun, tidak demikian dengan CEO Apple, Tim Cook.

Badan Pengawas Pasar Modal Amerika Serikat atawa Securities and Exchange Commision mengungkapkan, Cook tidak akan mengambil dividen sebesar 75 juta dollar AS yang menjadi haknya. "Atas permintaan Cook, tidak ada saham miliknya yang akan memperoleh dividen," bunyi surat itu.

Sebagai informasi, Apple akan membayarkan dividen kuartalan sebesar 2,65 dollar AS per saham mulai Juli mendatang. Ini pertama kali Apple mengumumkan pembagian dividen sejak 1995.

Ketidaksediaan Cook menerima dividen ini mungkin bisa dipahami. Cook disebut-disebut sebagai CEO dengan gaji terbesar di Amerika Serikat. Pendapatannya mencapai 300 juta dollar AS.

Gaji pokok Cook sebesar 900.000 dollar AS. Bandingkan dengan pendahulunya Steve Jobs yang hanya menerima gaji sebesar 1 dollar AS per tahun.

Berdasarkan harian Wall Street Journal, Cook telah memperoleh uang sebesar 378 juta dollar AS tahun lalu. Uang ini berasal dari bonus dan sejuta saham Apple.

Catatan, awal tahun ini, harga saham Apple telah mencapai puncak pada harga 644 dollar AS per saham. Lonjakan ini membuat Apple sebagai perusahaan paling berharga di seantero dunia. (KONTAN/Edy Chan)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.