Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main Game Gerak, Tetap Saja Gemuk

Kompas.com - 26/06/2012, 11:23 WIB

KOMPAS.com – Anggapan bahwa anak dapat terhindar dari obesitas dengan cara bermain game aktivitas fisik dengan sensor gerakan (exergame) seperti Nintendo Wii dibantah oleh penelitian terbaru. Penelitian yang dilakukan Children’s Nutrition Research Center di Baylor College of Medicine Houston menunjukkan kebiasaan malas bergerak anak tidak dapat dihilangkan melalui game fisik.

Penelitian dilakukan dengan cara membagikan Nintendo Wii ke beberapa keluarga. Sebagian keluarga diberikan game dengan exergame, sementara keluarga lain diberikan game ”pemalas” yang tidak melibatkan gerakan fisik.

Hasilnya, melalui penghitungan kalori yang teliti, ditemukan bahwa keluarga yang menggunakan exergame pada akhirnya sama saja dengan keluarga yang memainkan game pemalas.

Penyebab utamanya berasal dari tidak mampunya exergame untuk mematahkan kebiasaan pemalas yang telah hinggap di diri anak dan orang dewasa. Pada minggu pertama mungkin mereka masih mau menggerakkan tubuh mereka. Namun, pada akhirnya mereka menyerah dan lebih senang berdiam diri sambil bermain game atau menonton televisi.

”Video game yang meminta pemainnya menggerakkan tubuh mereka mungkin terlihat sebagai solusi mudah untuk menghindarkan anak dari kegemukan. Namun, berdasarkan penelitian dan pengamatan, kebiasaan anak tidak bisa diubah dengan cara tersebut,” ujar Dr. Charles T. Cappeta, anggota komite eksekutif kesehatan dan obat anak Amerika.

Dr. Charles Cappeta juga menambahkan olahraga sungguhan di luar rumah masih menjadi pilihan terbaik untuk mendapatkan kegiatan fisik, terutama kardiovaskular.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com