Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 7 Paling Populer, Windows "Tua" Masih Diminati

Kompas.com - 03/07/2012, 12:25 WIB

KOMPAS.com — Sistem operasi komputer Windows dari Microsoft masih mendominasi penggunaan sistem operasi global. Yang paling banyak digunakan adalah Windows 7, lalu diikuti Windows XP yang sudah cukup "berumur" di posisi kedua.

Menurut survei yang dilakukan lembaga riset StatCounter periode Juni 2011 sampai Juni 2012, Windows 7 yang dirilis pada 2009 berhasil meraup sebagian besar pasar sistem operasi di dunia dengan 50,2 persen. Posisi kedua ditempati oleh Windows XP sebesar 29 persen.

Microsoft telah mengumumkan rencana menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada April 2014. Perusahaan software raksasa itu telah mengeluarkan rekomendasi kepada klien korporat, kampus, dan sekolah agar memperbarui sistem operasi Windows XP ke Windows 7.

Untuk sebuah sistem operasi, usia Windows XP bisa disebut tua, yakni 11 tahun. Namun, ternyata masih banyak saja yang meminatinya, bahkan mengalahkan Windows Vista yang dirilis pada 2006.

Kendati demikian, berdasarkan survei StatCounter, penggunaan Windows Vista masih lebih tinggi dibandingkan dengan Mac OS X dari Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com