DVD Mulai Ditinggal, "Gamer" Lebih Suka "Download"

Kompas.com - 05/07/2012, 11:47 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Perubahan zaman dan peningkatan kemampuan internet untuk membawa data ternyata berpengaruh ke tren gamer dunia.

Cara pembelian melalui konten fisik, seperti membeli DVD game mulai ditinggalkan dan gamer beralih ke pembelian digital atau melalui download.

Perubahan tren tersebut dinyatakan NPD Group yang merupakan badan riset dan analisis pasar di Amerika. Menurut Anita Frazier, analis industri dari NPD, penurunan pasar fisik dan kenaikan pasar digital terlihat dengan jelas melalui laporan dari NPD.

Menurut badan ini, gamer di Amerika telah menghabiskan 1,38 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 12.9 triliun) pada tiga bulan pertama 2012. Hampir setengah dari angka tersebut adalah penjualan konten digital.

”Dari jumlah tersebut, penjualan konten fisikal mengalami penurunan hingga 5 persen dan konten digital meningkat sebesar 10 persen bila dibandingkan dengan waktu yang sama di 2011,” ujar Frazier. ”Walaupun pertumbuhan konten digital masih belum melebihi penurunan di konten fisikal secara besarnya angka, tetapi perubahan tersebut memperlihatkan tren baru dalam industri,” katanya.

Gamer Indonesia juga mulai menunjukkan tren yang sama dengan Amerika. Walaupun pembelian konten fisikal masih cukup besar, gamer mulai beralih ke pembelian konten digital.

Dukungan internet yang mulai dapat diandalkan untuk mengunduh konten dengan besar lebih dari 5GB digunakan dengan maksimal oleh gamer. Sulitnya mendapatkan konten fisikal game tertentu di Tanah Air juga menjadi alasan utama untuk tren tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.