Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran Tak Akan Kekurangan Beras

Kompas.com - 10/07/2012, 15:04 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan naiknya produksi padi sebesar 4,31 persen pada tahun ini, ketersediaan beras untuk Lebaran pun aman. "Sesuai dengan yang dirilis BPS (Badan Pusat Statistik), kita ada kenaikan produksi 4,31 persen tahun ini," kata Menteri Pertanian, Suswono, di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (10/7/2012).

Dengan prediksi kenaikan produksi itu maka stok pangan bisa mencapai 7 juta ton gabah kering giling per September mendatang. Jadi, kata Suswono, pasokan beras pun aman untuk masa Lebaran 2012.

Kalaupun ada kenaikan harga selama masa Lebaran, menurut Suswono, relatif tidak signifikan. Bahkan, hingga akhir tahun, Suswono yakin produksi beras akan surplus. Besarnya surplus minimal 5 juta ton.

Dikatakan Suswono, kemampuan Bulog menyerap beras semakin tinggi. Hingga sekarang, Bulog sudah menyerap 2,4 juta ton. Tahun lalu, penyerapan hanya 1,7 juta ton.

"Ini sudah lebih baik. Targetnya 3-3,5 juta ton penyerapan dalam negeri, dan panen masih berlangsung. Dan, sekarang dengan iklim normal kelihatannya produksi tidak terlalu khawatir, ada tambahan lagi yang bisa diserap Bulog," kata Suswono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com