Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan Mengaku Kelola Sendiri Akun Twitternya

Kompas.com - 12/07/2012, 18:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan bercerita soal akun Twitter miliknya. Dahlan mengaku akun Twitter yang baru dibuatnya tiga bulan lalu ini dikelolanya sendiri.

Dahlan menjadikan akun Twitter beralamat (@Iskan_Dahlan) tersebut untuk menerima keluhan dari masyarakat terkait fasilitas umum milik negara yang selama ini dipimpinnya.

"Meski saya sudah jadi Menteri BUMN selama tujuh bulan dan baru aktif di Twitter selama tiga bulan, saya tidak memiliki tim untuk mengelola Twitter milik saya," kata Dahlan saat diskusi "Media Literasi pada Era Digital, Kontradiksi antara Jurnalisme dan Sosial Media" oleh Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) di Hotel Pullman Thamrin Jakarta, Kamis (12/7/2012).

Sejak membuat akun Twitter pada Kamis 12 April 2012, sampai saat ini jumlah follower-nya sudah mencapai 165.934 followers. Padahal saat hari pertama membuat Twitter, jumlah follower-nya baru mencapai 30.000.

Di akun Twitter tersebut, Dahlan menerima segala masukan, pujian, dan cacian dari follower-nya. Tapi untuk memberikan jawaban atau komentar dari setiap tweet yang ditujukan kepadanya, Dahlan mengaku melakukannya sendiri.

"Saya tidak punya tim untuk mengelola akun Twitter milik saya. Saya juga tidak ingin punya tim untuk itu, karena itu akan jadi tidak natural lagi," katanya.

Beda dengan akun Twitter milik pejabat atau selebritas yang biasanya ada sejumlah tim untuk mengisi konten Twitter tersebut.

Sekadar catatan, Dahlan Iskan berhasil dibujuk oleh pembawa acara televisi, Najwa Shihab (@NajwaShihab) untuk membuat akun Twitter. Dalam sebuah acara yang dipandunya, Dahlan mencoba menunjukkan akun Twitter yang baru dibuat kepada Najwa.

Pamor Menteri BUMN Dahlan Iskan sedang naik akhir-akhir ini. Terlebih lagi saat ia membuka paksa gerbang pintu tol Senayan akibat antrean yang lama. Aksi Dahlan Iskan ini sempat menjadi Trending Topic di Twitter dan mendapat apresiasi dari masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com