Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Power TV PB201, Televisi yang Dilengkapi Alarm

Kompas.com - 26/07/2012, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toshiba kembali menghadirkan empat produk televisi LED dari keluarga Power TV di Indonesia, Rabu (25/7/2012). Dari keempat televisi LED tersebut, yang paling menarik perhatian adalah Power TV PB201, yang dibekali fitur alarm.

PB201 adalah satu-satunya televisi yang dibekali fitur alarm. Pengguna bisa menyetel alarm untuk mengingatkan berbagai hal, mulai dari aktivitas rutin sehari-hari seperti bangun pagi, siaran favorit, sampai tanggal ulang tahun anggota keluarga.

"Kalau pengguna ingin menyetel alarm tanggal ulang tahun anggota keluarga, tinggal atur tanggal dan jamnya. Saat waktunya tiba, televisi akan mengingatkannya," kata Bayu Murti Kencana, Kepala Penelitian dan Pengembangan Toshiba Visual Media Network Indonesia.

Suara alarm bisa disetel sesuai keinginan, sama halnya dengan nada dering di telepon seluler.

Misalnya, pengguna ingin lagu selamat ulang tahun diputar otomatis tepat di hari ulang tahun sanak saudara. Cukup masukkan lagu selamat ulang tahun ke dalam USB flash disk. Tancapkan flash disk tersebut ke port USB yang ada di televisi. Ketika menyetel tanggal dan jam alarm, aturlah lagu selamat ulang tahun itu sebagai nada dering alarm.

"Ketika saatnya tiba, televisi akan memainkan lagu selamat ulang tahun," kata seorang karyawan Toshiba kepada KompasTekno.

Namun, jika flash disk tidak ditancapkan ke port USB televisi, maka nada dering alarm hanyalah suara: "bip-bip-bip."

PB201 juga menyediakan fitur Ibadah 5 Waktu. Ini berfungsi sebagai pengingat waktu sholat 5 waktu untuk umat muslim, di mana televisi bisa mengelarkan nada dering suara azan.

Cara kerjanya sama, pengguna cukup memasukkan suara azan ke dalam flash disk, lalu menyinkronisasikannya dengan fitur Ibadah 5 Waktu di televisi. Waktu azannya pun disesuaikan secara otomatis dengan lokasi pengguna.

"Fitur Ibadah 5 Waktu secara otomatis menyesuaikan diri dengan lokasi pengguna. Kita tinggal atur kota tempat tinggal. Tidak perlu lagi mengatur waktu azan subuh, azan zuhur dan sebagainya. TV ini bisa mendeteksi otomatis waktu azan," jelas si karyawan Toshiba.

Kalau pengguna berada di Jakarta, misalnya, yang masih wilayah Indonesia bagian barat, maka suara azan akan keluar 1 jam lebih cepat dari waktu Indonesia bagian tengah.

Selain alarm, PB201 disertai dengan fitur Auto Clean, Auto Signal Booster, Contrast Booster, Auto View. Keempatnya berfungsi meningkatkan kualitas gambar. PB201 juga dilengkapi dengan port HDMI dan VGA.

PB201 hadir dalam 2 model ukuran inci. Yang berukuran 23 inci dibanderol sekitar Rp 2,4 juta, dan 32 inci sekitar Rp 3,3 juta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com