Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2012, 06:46 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
Rumor bentuk iPhone 5

KOMPAS.com - Apple tak lagi memasang YouTube sebagai aplikasi bawaan di sistem operasi mobile iOS versi 6, yang akan berjalan di iPhone, iPad, dan iPod Touch. Hal ini diketahui setelah Apple merilis iOS 6 beta 4 kepada para pengembang aplikasi..

Sejak Apple meluncurkan iPhone generasi pertama pada 2007 silam, YouTube telah hadir sebagai aplikasi penting yang punya daya tarik tersendiri. Namun pada iOS 6, YouTube tidak nampak di halaman utamanya.

"Lisensi kami untuk menyertakan aplikasi YouTube di perangkat iOS telah berakhir, pelanggan dapat mengakses YouTube dari browser Safari," kata juru bicara Apple dalam pernyataan resmi kepada situs blog teknologi The Verge, Senin (6/8/2012).

Juru bicara menambahkan, Google sedang mengembangkan aplikasi YouTube yang kelak bisa diunduh di toko aplikasi online Apple App Store.

Dalam sebuah pernyataan juru bicara YouTube mengatakan, pihaknya akan terus memberikan pengalaman terbaik mengakses YouTube bagi pelanggan iOS. Namun, YouTube tidak memberi kepastian kapan aplikasinya akan tersedia di Apple App Store.

YouTube bernasib sama dengan Google Maps, yang juga dibuang sebagai aplikasi bawaan di iOS 6. Pada Juni 2012, Apple mengumumkan layanan peta digital sendiri yang bekerjasama dengan sejumlah pihak, antara lain TomTom, C3 Technologies dan OpenStreetMap.

Besar kemungkinan pihak Google juga akan membuat aplikasi mandiri Google Maps yang bisa diunduh di Apple App Store.

Sistem operasi iOS 6 dijadwalkan rilis pada September 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.