Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suksesor Canon Powershot G12 Dirilis Agustus?

Kompas.com - 09/08/2012, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Hampir dua tahun semenjak awal debutnya, beredar kabar bahwa Canon akan mengganti kamera compact PowerShot G12 dengan produk baru pada bulan Agustus ini.

Pembaruan tersebut dibutuhkan karena para pesaing Canon belakangan telah meluncurkan sejumlah produk sejenis dengan fitur yang lebih unggul.

Sony memiliki RX 100 yang dilengkapi sensor berukuran 1 inci -lebih besar dari milik G12-, sementara Panasonic dan Samsung masing-masing mempunyai kamera dengan lensa ber-aperture lebar, hingga f/ 1.4.

Sebelumnya, penerus G12 diperkirakan bakal datang di saat yang bersamaan dengan rilis kamera PowerShot S100 yang sama-sama berada di posisi premium compact tetapi setingkat lebih rendah dari G12.  

Awal tahun ini, Canon merilis G1X yang memiliki sensor besar, hampir seukuran sensor APS-C pada kamera DSLR. Tetapi kamera tersebut bukan ditujukan sebagai pengganti G12 karena keduanya terus dipasarkan hingga saat ini.

PowerShot G-series menduduki posisi teratas dalam hierarki kamera saku Canon. Kamera yang termasuk dalam seri ini menawarkan kontrol manual penuh dengan tombol-tombol fisik dan perekaman gambar dalam format RAW.

PowerShot G-series  populer di antara fotografer yang mencari kamera kedua untuk mendampingi kamera jenis DSLR.

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi teknis dari penerus G12, tetapi Canon diperkirakan bakal memasangkan sensor yang berukuran lebih besar dengan lensa bukaan lebar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com