Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Server Mati, Layanan "E-mail" BlackBerry Bermasalah

Kompas.com - 15/08/2012, 16:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Layanan push e-mail di perangkat BlackBerry di semua operator hari ini mengalami masalah. Pihak operator menduga ada layanan server di Research in Motion (RIM) yang tidak berfungsi.

Division Head Mobile Device Indosat Benny Hutagalung menjelaskan, pengguna tidak bisa mengirim e-mail atau menerima e-mail di akun Yahoo atau Gmail melalui perangkat BlackBerry.

"Iya, sepertinya ada masalah di RIM. Kemungkinan di server mereka. Ini akan kami coba investigasi terus," kata Benny kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (15/8/2012).

Benny menduga layanan e-mail BlackBerry yang bermasalah ini karena layanan paket BlackBerry Internet Service (BIS). Jadi, bukan layanan e-mail Yahoo atau Gmail yang mengalami masalah.

Benny pun sempat mencoba mengirim e-mail ke sesama perangkat BlackBerry dengan menggunakan akun Yahoo atau Gmail. Tetapi, e-mail pun tidak terkirim. Begitu juga saat mencoba mengirim e-mail dari PC ke akun e-mail Yahoo atau Gmail ke perangkat BlackBerry.

"Tapi saya coba kirim e-mail di Yahoo atau Gmail antar PC tidak ada masalah. Sehingga ini memang server di RIM yang bermasalah," tambahnya.

Namun, Benny juga menjelaskan layanan e-mail BlackBerry ini tidak termasuk layanan e-mail kantor di perangkat BlackBerry. Hal itu disebabkan, layanan e-mail kantor merupakan layanan BlackBerry Enterprise Service (BES).

"Layanan (BES) ini berbeda, kalau memang e-mail kantor, semua aman-aman saja karena memakai layanan BES," jelasnya.

Sekadar catatan, layanan e-mail di perangkat BlackBerry di semua operator mengalami masalah sejak pukul 13.00 WIB. Hingga pukul 16.40 WIB, layanan tersebut belum pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com