Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

November, Kamera 'Mirrorless' Canon Masuk Indonesia

Kompas.com - 26/09/2012, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Datascrip selaku distributor produk-produk kamera digital Canon di Indonesia berencana memboyong kamera mirorrless tipe EOS-M ke Tanah Air dalam waktu dekat.

Menurut Direktur Divisi Canon PT Datascrip Merry Harun, produk itu sudah akan tersedia mulai November 2012 dengan harga kisaran Rp 6 juta.

"EOS-M ditujukan bagi para pemilik DSLR yang mencari kamera kedua. Lensanya pun bisa menggunakan jenis yang sama dengan kamera-kamera DSLR," ujar Merry seusai membawakan sosialisasi lomba Canon PhotoMarathon 2012 di Jakarta, Selasa (25/9/2012).

DIa menambahkan, di Indonesia, arah tren pengguna kamera mirrorless masih sulit ditebak. Segmen kamera mirrorless di Tanah Air pun masih dikuasai merek-merek selain Canon yang memang belum memiliki model untuk berkompetisi di kategori ini.

Kamera mirrorless adalah jenis kamera yang mengusung ukuran sensor yang lebih besar dibandingkan dengan kamera saku sehingga kualitas gambarnya lebih baik.

Kamera jenis ini juga memiliki lensa yang bisa diganti-ganti (interchangeable), tetapi dengan mempertahankan ukuran tubuh yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan kamera DSLR.

Disebut mirrorless karena kamera tipe tersebut tidak memiliki cermin yang dipakai untuk memantulkan bayangan yang ditangkap lensa menuju jendela bidik, seperti pada DSLR. Pada mirrorless, gambar dilihat melalui layar LCD seperti pada kamera saku.

EOS-M sendiri adalah kamera pertama dari Canon yang termasuk dalam kategori mirrorless. Kamera ini mengusung sensor APS-C ber-resolusi 18 megapiksel, antarmuka layar sentuh, prosesor Digic 5, serta adapter opsional yang memungkinkannya dipasangi lensa dengan mounting EF atau EF-S milik Canon.

Selain EOS-M Datascrip juga berencana menghadirkan kamera full-frame baru Canon EOS 6D. Kamera ini dijadwalkan mulai tersedia antara bulan November hingga Desember dengan kisaran harga Rp 20 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com