Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Jualan Layanan "Awan"

Kompas.com - 11/10/2012, 13:20 WIB

Dokumentasi IndosatDirector & Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat, Fadzri Sentosa (tengah) bersama Group Head Marketing, Donatus Herry Swandito (kanan) dan Division Head VAS, Data Center & Manage Service Project, Gidion Barus usai meluncurkan Indosat Cloud di Jakarta, Rabu (10/10/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat melebarkan sayap bisnisnya dengan menawarkan layanan media penyimpanan data di awan (cloud), Rabu (10/10/2012). Layanan ini diberi nama Indosat Cloud.

Layanan dijalankan dengan jaringan Indosat, yang diklaim memberi solusi komputasi aman, fleksibel, dan global, karena masuk dalam jaringan cloud global dengan data center di Indonesia sesuai peraturan pemerintah tentang layanan teknologi informasi dan komunikasi.

"Peluncuran Indosat Cloud, dengan layanan pertama Public dan Private Infrastructure as a Service, merupakan langkah awal dari rangkaian lengkap layanan komputasi awan yang ditujukan bagi bisnis di Indonesia," kata`Fadzri Sentosa, Direktur & Chief Wholesale & Infrastructure  Indosat, dalam siaran pers yang diterima KompasTekno.

Indosat mengincar segala segmen industri, mulai dari usaha kecil menengah sampai kelas korporat besar. Untuk perusahaan kecil dan menengah, Indosat Cloud memberikan kemudahan instalasi perangkat keras atau lunak.

Sedangkan untuk perusahaan besar, yang pada umumnya telah memiliki infrastruktur teknologi informasi sendiri, solusi Indosat Cloud menawarkan fleksibilitas infrastruktur dan penghematan biaya.

Pola sewanya, perusahaan bisa menekan biaya investasi dan biaya lisensi. Perusahaan juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan proses pengadaan, instalasi, dan integrasi infratrusktur. Indosat Cloud Infrastructure as a Service (IaaS) punya fitur pengaturan secara swalayan dan instan, sehingga pelanggan dapat mengelola administrasi infrastruktur IT-nya sendiri.

Indosat Cloud didukung dengan jaringan backbone carrier ethernet dan IP/MPLS dalam bentuk layanan Virtual Private Network (VPN) for private cloud, International IP Transit (INP) dan Domestic IP Transit (INIX) serta ditempatkan dalam Data Center Indosat bersertifikasi ISO-27001.

Indosat pun mengklaim, layanannya memberi keamanan berlapis dan menjamin keamanan bagi kontinuitas bisnis pelanggan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com