Kompas.com - 10/12/2012, 14:38 WIB
EditorErvan Hardoko

GUATEMALA CITY, KOMPAS.com - Pemerintah Guatemala, Minggu (9/12/2012) malam, mengatakan pionir perangkat lunak anti-virus, John McAfee telah mengajukan langkah hukum yang memungkinkan dirinya berada di Guatelama untuk sementara waktu.

John McAfee sebenarnya terancam dideportasi ke Belize untuk diperiksa terkait pembunuhan tetangganya yang juga warga negara AS. Namun, kuasa hukumnya berhasil memasukkan permohonan ke pengadilan yang memungkinan McAfee "beristirahat" di Guatemala hingga permohonan hukumnya terkait deportasi ke Belize diputuskan. Padahal proses hukum seperti ini bisa memakan waktu berbulan-bulan.

"Pemerintah Guatemala menghormati putusan pengadilan dan kami harus menunggu pengadilan membuat keputusan," kata juru bicara pemerintah Guatemala, Francisco Cuevas.

Pemerintah Guatemala awalnya mengatakan segera mendeportasi McAfee ke Belize setelah menolak permohonan suaka yang diajukannya. Pemerintah Guatemala menahan McAfee karena dia memasuki negara itu secara ilegal.

Aparat hukum di Belize ingin memeriksa McAfee terkait kematian tetangganya Gregory Faull yang juga warga AS itu.

McAfee sudah satu bulan terakhir ini menghindari pemerintah Belize dan mengatakan dia khawatir aparat Belize akan membunuhnya. McAfee mengatakan dia dijebak karena membicarakan korupsi yang dilakukan partai berkuasa di Belize.

Pernyataan McAfee ini dibantah Pemerintah Belize. Perdana Menteri Belize bahkan menjuluki McAfee seorang paranoid dan pembohong.

Kuasa hukum McAfee juga tengah mengajukan permohonan agar pemerintah Guatemala jika harus melakukan deportasi maka akan mendeportasi McAfee ke AS dan buken ke Belize.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.