Kalahkan Apple, Samsung Juara "Perangkat Pintar"

Kompas.com - 13/12/2012, 14:17 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Dalam sebuah laporan terbaru, lembaga riset IDC memberikan informasi soal keadaan pasar "smart connected device" - yaitu sebuah kategori yang mencakup komputer PC, laptop, tablet, dan smartphone- di kuartal ketiga 2012.

Temuan IDC menunjukkan bahwa pasar connected device secara global mengalami pertumbuhan year-on-year sebesar 27,1 persen di kuartal ketiga.

Samsung dan Apple tampil di urutan terdepan, masing-masing menempati posisi pertama dan kedua dalam hal jumlah pengiriman unit dan pangsa pasar.

Soal jumlah pengiriman kategori "connected device" ini, Samsung memimpin dengan 66,1 juta unit, disusul Apple dengan 45,8 juta unit. Kendati demikian, produk Apple memiliki nilai yang lebih tinggi.

"Harga jual rata-rata produk Apple 310 dollar AS lebih tinggi dari Samsung, tapi angka pengirimannya hanya berselisih 20 juta unit. Ini melambangkan kekuatan lini produk premium yang dijual Apple," ujar analis IDC Ryan Reith dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Cnet.

Artinya, konsumen tetap membeli produk Apple biarpun harganya mahal.

"Sementara itu, HP yang menarik diri dari pasar gadget mengalami penurunan market share dari 7,4 persen di kuartal ketiga 2011 menjadi 4,6 persen di kuartal ketiga 2012. Dalam kurun waktu itu jumlah shipment HP turun 20,5 persen," tulis IDC dalam laporannya.

HP memang masih mengandalkan produk PC tradisionalnya, berbeda dengan Apple dan Samsung yang telah memindahkan fokus ke smartphone dan perangkat tablet.

Lalu, bagaimana dengan tren pasar di masa depan? PC desktop dan laptop menguasai 39,1 persen pasar Connected Device tahun 2011. Pada 2016, IDC memprediksi angka tersebut akan turun menjadi tinggal 19,9 persen.

Sementara itu, smartphone disebut akan menjadi kategori produk yang "paling disukai", dengan penguasaan pasar 53,1 persen pada 2011 yang diprediksi akan tumbuh menjadi 66,7 persen di 2016. Dalam periode waktu yang sama, pangsa pasar perangkat tablet diperkirakan tumbuh dari 7,7 persen menjadi 13,4 persen.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.