Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
MU 3-1 Sunderland

Sikat Sunderland, MU Kembali 6 Angka dari City

Kompas.com - 15/12/2012, 23:53 WIB

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester United berhasil mengalahkan Sunderland dalam lanjutan laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (15/12/2012). Dengan begitu, MU kembali menguasai klasemen dengan keunggulan enam angka dari pesaing terdekat, Manchester City.

MU membuka keunggulan saat pertandingan baru berjalan 16 menit. Adalah Robin van Persie yang menjadi pencetak gol pembuka MU lewat kaki kirinya. Umpan silang Ashley Young gagal diblok dengan sempurna oleh bek Sunderland, John O'Shea. Hal itu membuat Van Persie dengan mudah "melahap" peluang emas di depan mata.

Tak butuh waktu lama untuk Setan Merah kembali mencetak gol. Tiga menit berselang, publik Old Trafford bersorak menyambut gol kedua yang diciptakan Tom Cleverley. Kolaborasinya dengan Michael Carrick diteruskan tembakan melengkung yang melesak ke pojok gawang Simon Mignolet.

Unggul dua gol ternyata tak membuat MU mengendurkan serangan. Malahan, pada menit ke-23, tuan rumah hampir kembali mencetak gol ketiganya, andai tendangan voli Wayne Rooney tak melenceng dari sasaran.

Sunderland akhirnya membuat ancaman pada menit ke-25. Namun tembakan Stephane Sessegnon masih bisa diselamatkan dengan baik oleh David de Gea. Pun dengan peluang kedua Sessegnon pada menit ke-37 yang bisa dihentikan Patrice Evra. Babak pertama berakhir 2-0 untuk MU.

Setelah turun minum, Sunderland bisa lepas dari tekanan MU. Pada menit ke-48, Craig Gardner sempat mengancam gawang Red Devils melalui sepakan mendatar dari luar kotak penalti. Namun, tendangan eks pemain Aston Villa itu masih bisa dihentikan De Gea.

Pada menit ke-50, Van Persie berkesempatan mencetak gol keduanya pada laga itu. Tetapi, meski tinggal berhadapan dengan Mignolet, tendangan cungkil Van Persie masih melebar dari sasaran.

MU akhirnya mencetak gol ketiga. Dari sebuah kolaborasi antara Young dan Van Persie, bola lantas diumpan ke depan gawang Sunderland. Di sana, sudah menunggu Wayne Rooney yang dengan mudah menceploskan bola, meski mendapat hadangan Jack Colback.

Tertinggal semakin jauh membuat Manajer Martin O'Neill mencoba memainkan Fraizer Campbell mengganti Adam Johnson. Keputusan tersebut terbukti jitu. Hanya empat menit berada di lapangan, Campbell mampu mengoyak jala MU lewat sundulan setelah menerima umpan Sessegnon pada menit ke-72. Itu menjadi gol pertama Sunderland ke gawang MU dalam enam pertandingan terakhir.

Usai gol dari The Black Cats, kedua tim gagal memanfaatkan peluang-peluang yang ada. Pertandingan berakhir dengan kemenangan MU 3-1. MU kembali menjauh dari kejaran Manchester City, yang beberapa jam sebelumnya sempat mendekat usai mengalahkan Newcastle United. MU kini mengemas 42 poin dan masih berselisih enam angka dari City. Sementara Sunderland, turun satu peringkat ke urutan ke-16 dengan 16 poin.

Susunan pemain
Man United (4-4-2):
1-David De Gea; 4-Phil Jones, 12-Chris Smalling, 5-Rio Ferdinand (15-Nemanja Vidic 68), 3-Patrice Evra; 7-Antonio Valencia, 16-Michael Carrick (22-Paul Scholes 46), 23-Tom Cleverley (11-Ryan Giggs 73), 18-Ashley Young; 10-Wayne Rooney, 20-Robin van Persie
Manajer: Sir Alex Ferguson

Sunderland (4-4-1-1): 22-Simon Mignolet; 24-Carlos Cuellar, 14-Jack Colback (11-James McFadden 85), 16-John O'Shea, 19-Titus Bramble; 7-Sebastian Larsson, 8-Craig Gardner, 21-Adam Johnson (9-Fraizer Campbell 68), 23-James McClean; 28-Stephane Sessegnon; 26-Steven Fletcher (10-Conor Wickham 46)
Manajer: Martin O'Neill

Wasit: Chris Foy

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com