Buatan Lokal, Aplikasi BimaTri Laris - Kompas.com

Buatan Lokal, Aplikasi BimaTri Laris

Kompas.com - 20/12/2012, 07:39 WIB
(bimatri.com) Maskot aplikasi BimaTri


JAKARTA, KOMPAS.com -
Operator seluler Tri merilis aplikasi BimaTri pada tanggal 12-12-2012. Aplikasi asisten pribadi digital ini dikembangkan oleh dua perusahaan pengembang aplikasi lokal yaitu LinkIT dan Altermyth.

BimaTri tersedia untuk perangkat Android, iOS, BlackBerry serta komputer Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memudahkan pengguna Tri mengingat sisa pulsa dan sisa kuota internet. BimaTri juga bisa digunakan untuk membeli pulsa, paket internet untuk ponsel pintar dan BlackBerry.

Deputy General Manager Value Added Service & User Experience Tri, Hiro Whardana mengatakan, waktu keseluruhan untuk mengembangkan BimaTri dilakukan selama 6 bulan. "Pengembangan aplikasinya sendiri 2,5 bulan, lalu percobaan 6 bulan," kata Hiro di sela acara peluncuran BimaTri, Rabu (19/12/2012).

Menurut Hiro, perusahaan pengembang aplikasi LinkIT mengerjakan bagian back end yang menjembatani sistem utama, termasuk sistem penagihan Tri, dengan middleware. Sementara Altermyth mengerjakan tampilan antarmuka (user interface) dan sensasi pengalaman pengguna (user experience) saat memakai BimaTri.

"Kami percaya sepenuhnya pada pengembang aplikasi lokal. Dan terbukti, BimaTri bisa jadi aplikasi keren dan laris diunduh," ujar Hiro.

Sepekan setelah dirilis, BimaTri telah diunduh 130 ribu kali. Pengunduh terbanyak berasal dari perangkat Android yaitu 60%. Pengunduh terbanyak kedua berasal dari komputer Windows dan Mac OS, diikuti oleh BlackBerry dan Apple iOS yang unduhannya didominasi oleh iPad.

Hingga Kamis (20/12/2012), BimaTri duduk di peringkat 2 kategori Tools gratis di toko aplikasi Google Play kawasan Indonesia. Ia hanya kalah dari aplikasi penterjemah bahasa Google Translate. Sedangkan di toko aplikasi perangkat mobile Apple iOS, App Store, BimaTri bercokol di posisi 5 untuk kategori Utilities gratis terbaru.

BimaTri belum tersedia untuk sistem operasi Windows Phone dan Nokia. Hal ini dikarenakan hanya sedikit pengguna Tri yang menggunakan Windows Phone, begitupun pengguna Nokia yang masih sedikit memakai layanan internet Tri.


EditorWicaksono Surya Hidayat

Close Ads X