Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Korea

Istri Kim Jong-Un Melahirkan?

Kompas.com - 03/01/2013, 17:56 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Tampaknya Korea Utara tak perlu mengkhawatirkan sukses kepemimpinan berikutnya. Dari tayangan televisi pemerintah Korea Utara menunjukkan kemungkinan besar istri Kim Jong-Un sudah melahirkan.

Saat televisi pemerintah menayangkan Ri Sol-Ju menghadiri upacara penghormatan untuk Kim Jong-Il dan Kim Il-Sung pertengahan Desember lalu, Sol-Ju terlihat tengah hamil tua dalam balutan pakaian tradisional Korea.

Namun, dalam tayangan lain belum lama ini, saat menghadiri perayaan tahun baru resmi Ri Sol-Ju terlihat mengenakan pakaian biasa dan tak terlihat tanda-tanda fisik kehamilan.

Spekulasi kemudian terpicu penampilan resmi ini, termasuk paduan suara perempuan yang menyanyikan lagu Natal yang dipopulerkan Johnny Mathis "When a Child is Born".

Televisi dan sejumlah harian di Korea Selatan, Kamis (3/1/2013), bahkan menayangkan foto-foto Ri Sol-Ju dengan keterangan yang sangat spekulasi.

"Perutnya yang besar sudah hilang, apakah Ri Sol-Ju sudah melahirkan?"  demikian harian Dong-A Ilbo.

"Perut Ri Sol-Ju menyusut dalam 11 hari. Apakah dia sudah melahirkan seorang anak?" tulis harian lainnya Chosun Ilbo.

Sementara itu, seorang pejabat Korea Selatan seperti dikutip kantor berita Yonhap mengatakan berdasarkan analisis gambar-gambar televisi Ri Sol-Ju kemungkinan sudah melahirkan.

Fakta bahwa Kim Jong-Un memiliki istri baru terungkap Juli tahun lalu saat foto-foto seorang perempuan muda dengan dandanan rapi terlihat mendampingi Jong-Un di sejumlah acara resmi kenegaraan.

Media Pemerintah Korea Utara kemudian memastikan identitas Sol-Ju di bulan yang sama. Mengungkap identitas ibu negara kepada publik bukanlah sesuatu yang lazim di Korea Utara.

Berdasarkan data intelijen yang dikutip media Korea Selatan, Kim Jong-Un menikahi istrinya itu pada 2009 dan sudah memiliki satu anak. Namun, informasi itu tidak pernah bisa dibuktikan kebenarannya.

Ri Sol-Ju diyakini adalah putri keluarga biasa. Ayahnya adalah seorang akademisi dan ibunya adalah seorang dokter. Ri Sol-Ju pernah mengunjungi Korea Selatan pada 2005 sebagai anggota tim pemandu sorak tim Korea Utara yang tampil dalam Kejuaraan Atletik Asia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com