Kompas.com - 10/01/2013, 14:23 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Lenovo S880

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo mengklaim produk ponsel pintar Android seri S880 yang berukuran 5 inci, laris manis di pasar Indonesia. Saking larisnya, Lenovo Indonesia sampai kekurangan stok.

Presiden Direktur Lenovo Indonesia Sandy Lumy mengatakan, pihaknya telah memasarkan 5 model ponsel pintar Android di Indonesia.

"Dari semua model itu, yang paling laris adalah seri S880. Orang Indonesia suka dengan ponsel layar besar, apalagi kalau harganya terjangkau," kata Sandy usai meluncurkan ultrabook IdeaPad Yoga 13 di Jakarta, Rabu (/9/1/2013. Sayangnya, ia tak mengungkap angka pasti penjualan ponsel pintar itu.

Sandy menjelaskan, ponsel pintar Lenovo terdiri dari 4 seri, yaitu seri A yang berarti affordable, seri S berarti stylish, P yaitu powerful, dan H untuk segmen high-end.

Bisnis utama Lenovo sejauh ini memang mengandalkan komputer pribadi (personal computer/PC). Di Indonesia, menurut Sandy, penjualan komputer Lenovo dari 2011 ke 2012 tumbuh sekitar 17%.

Namun, tren pasar komputer global saat ini sedang menurun, salah satu alasannya karena permintaan atas ponsel pintar dan tablet terus meningkat.

Untuk meningkatkan laba perusahaan, Lenovo akan serius berbisnis di kancah ponsel pintar. CEO Lenovo Yang Yuanqing sempat mengatakan kepada Bloomberg, pihaknya sedang mempertimbangkan untuk melakukan akuisisi.

Selain akuisisi, Lenovo membuat strategi bisnis untuk membanjiri pasar dengan banyak model ponsel pintar. Hal ini diyakini dapat menutupi kesenjangan harga, memperbanyak portofolio, serta mempercepat siklus pengembangan agar dapat bersaing dengan produsen lainnya.

Perusahaan asal China ini juga menerapkan strategi "PC plus," di mana sebuah PC Lenovo akan dikelilingi oleh perangkat komputer lain seperti ponsel pintar, tablet, dan televisi. Setelah ponsel pintar, akankah Lenovo gencar di bisnis tablet dan televisi?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.