Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ajukan Paten "Pembungkam" Ponsel

Kompas.com - 14/01/2013, 08:33 WIB


KOMPAS.com -
Kadangkala ponsel berdering di saat yang tidak tepat, seperti ketika penggunanya berada di tengah-tengah rapat atau bioskop. Bagaimana jika ponsel bisa "dibungkam" dengan cepat atau bahkan secara otomatis untuk menghindari rasa malu?

Inilah yang hendak dipatenkan oleh Microsoft, melalui sebuah proposal yang diajukan bulan Juli 2011 lalu dan baru dipublikasikan belakangan ini.

Seperti dikutip dari Neowin, sistem pembungkam ponsel ini berupa mode khusus bernama "inconspicuous mode (tidak menarik perhatian)" yang jika diaktifkan akan mengurangi kecerahan layar dan mematikan suara ponsel.

Layar home screen atau lock screen pun diatur agar hanya menampilkan jam di atas latar belakang berwarna gelap.

Di samping diaktifkan secara manual, mode khusus ini juga bisa terpicu secara otomatis lewat input dari sejumlah sensor. Misalnya, sensor cahaya bisa mengalihkan ponsel ke mode tersebut apabila mendeteksi bahwa pengguna sedang berada di ruang gelap seperti bioskop.

Permintaan paten yang diajukan ini agaknya belum dikabulkan. Kalaupun sudah disahkan, masih belum jelas pula apakah teknologi pembungkam ponsel tersebut akan benar-benar diterapkan di produk jadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com