Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Keamanan Gedung UOB Perlu Dievaluasi

Kompas.com - 19/01/2013, 10:30 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengevaluasi sistem keamanan gedung UOB PLaza di Jalan MH Thamrin, Jakarta, menyusul terjebaknya sejumlah orang di basement gedung itu. Dua orang ditemukan selamat, sementara satu orang tewas.

"Setelah banjir selesai, kita akan melihat bagaimana sumur resapannya, pengamanan basement, kebakaran. Sekarang kita fokus evakuasi," kata Jokowi saat meninjau proses evakuasi di basement gedung itu. Jokowi yang didampingi sejumlah stafnya tiba di UOB Plaza sekitar pukul 09.45 WIB. Sebelumnya, Jokowi meninjau perbaikan tanggul Latuharhary yang jebol sejak Kamis (17/1/2013) lalu tersebut.

"Saya ingin melihat langsung evakuasi," ujar Jokowi. Menurutnya, proses evakuasi korban harus menjadi fokus utama. Setelah evakuasi selesai, barulah pemerintah mulai mengevaluasi bangunan UOB Plaza, apakah sesuai dengan aturan atau tidak. 

Seperti diberitakan, pencarian korban yang terjebak di basement UOB Plaza masih berlangsung. Hingga saat ini jumlah pasti orang yang masih terjebak di basement gedung tersebut belum diketahui. "Menurut informasi sih tinggal satu, tapi kayaknya masih banyak yang nyangkut di mobil," kata seorang anggota tim SAR.

Terhitung sudah tiga hari lantai basement UOB Plaza terendam banjir. Tim SAR berhasil mengeluarkan tiga korban, dua di antaranya selamat, Jumat (18/1/2013). Korban tewas ditemukan pada Sabtu ini sekitar pukul 05.30 pagi. Dua korban selamat, yakni Tri dan Tito, langsung dilarikan ke RS Abdi Waluyo, sementara korban tewas dibawa ke RS Angkatan Laut Mintohardjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com