Kompas.com - 31/01/2013, 11:48 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com -
Diantara semua eksekutif industri PC, mungkin presiden Acer JT Wong adalah yang paling vokal mengungkapkan kritik terhadap kebijakan-kebijakan strategis yang ditempuh oleh Microsoft belakangan ini.

Dia, misalnya, pernah mengkritik langkah Microsoft membuat produk tablet dan bersaing langsung dengan para rekanannya sendiri.

JT Wong pun pernah dikutip mengatakan bakal menerapkan sikap "wait and see" atas nasib Windows 8 di pasaran.

Kini, dalam sebuah interview terbaru dengan Bloomberg, orang nomor satu Acer ini mengatakan bahwa angka pengkapalan PC Acer turun 28 persen pada kuartal keempat 2012 dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Wong menimpakan sebagian kesalahan yang mengakibatkan penurunan tersebut pada Windows 8, yang dinilainya gagal membangkitkan industri PC.

"Windows 8 sendiri masih belum sukses… Pasar tidak berbalik tumbuh setelah peluncurannya. Itu adalah cara yang mudah untuk menilai sukses tidaknya sistem operasi tersebut," tukas Wang.

Sebaliknya, Wong mengatakan bahwa shipment produk laptop berbasis (Google) ChromeOS, Chromebook buatan perusahannya di Amerika Serikat cukup "sukses" meskipun tak didukung kampanye pemasaran sebesar Windows 8.

Menurut Wong, dari angka total pengiriman notebook Acer di Negeri Paman Sam, antara 5 hingga 10 persennya kini terdiri dari jenis Chromebook. Acer sendiri  meluncurkan produk buatannya pada November 2012 lalu.

Perusahaan asal Taiwan ini masih menimbang-nimbang apakah akan merilis produk tablet berbasis sistem operasi Windows RT atau tidak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.