Kompas.com - 14/03/2013, 07:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat
Associated Press Andy Rubin, Senior Vice President of Mobile Google

KOMPAS.com - Google mengumumkan bahwa Andy Rubin mengundurkan diri dari jabatan kepala sistem operasi Android. Ia diganti oleh Sundar Pichai yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden senior untuk Chrome dan aplikasi.

Dalam pengumuman di blog resmi perusahaan, CEO Google Larry Page memuji kerja Rubin selama ini dan memintanya untuk terus berkarya. Rubin mengundurkan diri atas kemauan pribadi dan tetap bekerja di Google dalam posisi yang belum ditentukan.

Rubin adalah salah seorang pendiri Android. Bersama Rich Miner, Nick Sears dan Chris White, Rubin membangun perusahaan Android Inc pada Oktober 2003, yang fokus pada pengembangan sistem operasi mobile bersifat terbuka (open source). Google kemudian mengakuisisi Android senilai 50 juta dollar AS pada Agustus 2005.

Rubin memiliki empat paten atas penemuannya, dan diyakini memiliki kekayaan bersih sebesar 100 juta dollar AS. Ia kerap dijuluki sebagai "Bapak Android".

Sejak dinahkodai Google, Android berkembang pesat dan menjadi sistem operasi mobile paling banyak dipakai di dunia. Setiap harinya, ada 750 juta perangkat Android yang diaktifkan.

Kini, proyek Android berada di bawah kendali Sundar Pichai, yang juga bertanggung jawab atas proyek sistem operasi Chrome. Besar kemungkinan, Pichai akan membuat Android dan Chrome saling terhubung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.