Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2013, 08:19 WIB

Logo aplikasi Mailbox dan Dropbox

KOMPAS.com - Penyedia layanan komputasi awan Dropbox tak ingin terjebak dalam bisnis media penyimpanan data online saja. Mereka berencana membeli Orchestra, perusahaan yang membuat aplikasi pengelola email Mailbox, Jumat (15/3/2013).

Mailbox kini hanya tersedia untuk perangkat bersistem operasi iOS. Belakangan ini ia sedang naik daun sekaligus dinanti. Mailbox dipandang sebagai aplikasi pengelola email terbaik untuk akun Gmail di iPhone.

Perusahaan rintisan (startup) digital ini didirikan oleh Scott Cannon dan Gentry Underwood, yang telah menerima investasi modal sebesar 5,5 juta dari perusahaan pemodal maupun investor perorangan.

Dua pendiri Dropbox, Drew Houston dan Arash Ferdowsi, menyatakan kecocokannya untuk bekerja bersama tim pengembang Mailbox. "Setelah menghabiskan waktu dengan Gentry, Scott dan tim, mereka punya misi yang sama seperti Dropbox, untuk memecahkan masalah tersembunyi dan menata kembali hal-hal yang kita lakukan setiap hari," kata dua pendiri Dropbox di blog resmi perusahaan.

Kedua pihak tak menyebut nilai akusisi Dropbox atas Mailbox. Namun, menurut kabar yang tersiar, nilai akuisisi mencapai 100 juta dollar AS.

Facebook dan Yahoo dikabarkan juga tertarik mengakuisisi Mailbox, tapi Dropbox keluar sebagai pemenang.

Hingga kini, Dropbox belum mengumumkan rencana pengembangan Mailbox. Tapi, jika sebuah perusahaan pengelola email dan perusahaan penyedia komputasi awan bersatu, seharusnya bisa menjadi kekuatan yang besar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com