Kompas.com - 01/04/2013, 12:13 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Facebook mengirim undangan kepada media massa untuk sebuah acara peluncuran pada 4 April 2013 mendatang di kantor pusat Facebook, California, Amerika Serikat. Setelah undangan tersebut menyebar, spekulasi mengenai produk apa yang akan diluncurkan oleh Facebook pada tanggal tersebut mulai bermunculan.

Belum ada kepastian mengenai apa produk yang bakal diluncurkan Facebook. Namun, satu hal yang pasti, pengumuman itu akan memiliki hubungan erat dengan Android.

Mengacu pada kalimat Come see our new home on Android (mari lihat rumah baru kami di Android) yang tertera di undangan, banyak yang memprediksi Facebook akan meluncurkan sebuah telepon seluler (ponsel) berbasiskan Android yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh Facebook. Kabarnya, Facebook bekerjasama dengan HTC untuk produk ponsel ini.

Namun, menurut Wall Street Journal berdasarkan pernyataan sebuah sumber, kata "rumah baru" dapat diartikan sebagai aplikasi terbaru milik Facebook. Menurut sang sumber, aplikasi baru ini mengizinkan konten dari akun pengguna Facebook untuk tampil di layar home perangkat berbasis Android.

Dalam acara peluncuran tersebut, Facebook akan memamerkan kemampuan aplikasi ini dengan menggunakan smartphone buatan HTC. Namun, Facebook dikabarkan tidak memiliki kontrak eksklusif dengan HTC dalam menghadirkan aplikasi tersebut.

Artinya, aplikasi ini tidak hanya akan hadir di perangkat buatan HTC saja, tetapi di perangkat Android buatan perusahaan lain.

Facebook, yang memiliki lebih dari 650 juta pengguna mobile, berencana untuk menghadirkan aplikasi ini di semua perangkat Android. Para pengembang smartphone dikabarkan harus melakukan beberapa tweak di sistem operasi Android agar aplikasi tersebut dapat bekerja di layar home ini.

Menurut sumber lainnya, tweak semacam itu tidak akan melanggar perjanjian antara Google dengan pengembang smartphone karena tidak mengganggu konsistensi pengalaman penggunaan Android.

Rumor lain yang sempat berkembang, Facebook justru dikatakan akan membuat Android dengan versinya sendiri. Sistem operasi "Facebook Android" (atau dirumorkan juga sebagai "Android Home") ini akan memiliki integrasi dengan layanan Facebook yang lebih menyeluruh.

Manakah yang benar? Tunggu saja nanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.